Ketahui Penyebab Kampas Kopling CRF150L Mudah Hangus

Honda CRF150L dites di Dago, Bandung oleh sejumlah jurnalis.
Sumber :
  • VIVA/Rendra

VIVA – Honda CRF150L terlahir sebagai motor trail yang menggendong mesin injeksi berkapasitas 150 cc. Mesin ini dapat menyemburkan tenaga 12 daya kuda dan torsi 12,43 newton meter. Dapur pacu itu kemudian dikawinkan dengan transmisi manual lima-percepatan.

Honda Luncurkan Motor Matik Baru di Indonesia

Namun ternyata ada komponen yang rentan rusak, yakni pada sistem koplingnya. Tetapi ini hanya berlaku jika penggunaannya salah, terlebih biker yang menungganginya baru pertama kali terjun ke trek off-road. Di mana sering menggantungkan posisi kopling.

“Tidak sedikit konsumen masih menahan kopling setengah saat off-road di trek tanah dan tanjakan, padahal kopling ditahan setengah itu tidak boleh. Makanya kampas kopling kebakar, karena bergesekan dengan pelat,” ujar Agung Sugihono, Training Fasilitator PT Daya Adicipta Motora (DAM), saat test ride CRF150L di Bandung, Jawa Barat.

Garangnya Motor Operasional Kodam XVII Cendrawasih

Meski demikian, dari 784 unit CRF150L yang sudah digunakan konsumen di Jawa Barat, sampai saat ini belum ada laporan kerusakan terkait kondisi tersebut. Dia menganjurkan, untuk menyiasati agar kampas kopling tak terbakar, kopling tidak digantung dan lepas saja ketika melintasi tanjakan atau jalan licin.

“Yang cepat habis itu hanya kampasnya saja, komponen seperti matahari kopling dan lain-lain tidak ada. Klaim itu bisa dilakukan, kalau cacat prouduksi, perakitan, dari produk itu sendiri. Tapi kalau seperti bencana alam, karena pemakaian, atau modifikasi tidak bisa diklaim,” tuturnya.

Sensasi Seru Keliling Lombok Pakai Honda ADV150
Honda CB150X dipamerkan di GIIAS 2021.

Asyik, Beli Honda CB150X Dapat Promo Menarik

PT Daya Adicipta Motora (DAM) yang memberikan penawaran program penjualan menarik, bagi konsumen yang ingin membeli motor sport adventure touring Honda CB150X. 

img_title
VIVA.co.id
11 Januari 2022