Motor Baru Honda Meluncur Besok Lusa, Vario 160 atau ADV 350?

Logo Honda
Sumber :
  • VIVA/Krisna Wicaksono

VIVA – PT Astra Honda Motor atau AHM akan meluncurkan produk terbarunya di Indonesia pada Jumat, 12 November 2021 mendatang. Meski mereka tak menyebutkan secara pasti, namun sudah ada sejumlah bocoran terkait motor baru tersebut. Lantas, apa itu gerangan?

Daftar Sepeda Motor yang Cocok Diisi BBM Pertalite

Kepastian produk baru tersebut diketahui setelah AHM mengirim undangan peliputan ke meja redaksi VIVA Otomotif. Pada surat resmi tersebut, motor baru itu akan melakoni debutnya di Tangerang, Banten.

“Sehubungan dengan pengenalan produk baru sepeda motor Honda, bersama ini kami mengundang jurnalis yang ditugaskan untuk hadir dalam press conference yang diselenggarakan pada Jumat 12 November 2021 di Tangerang, Banten,” demikian bunyi undangan tersebut, dikutip Rabu 10 November 2021.

Penjualan Honda Naik 19 Persen, Mobilio Masih Laku Segini Walau Tak Ada Penyegaran

Sebelum meluncurkan produk baru, Honda kerap menutupnya rapat-rapat sampai hari peluncuran. Namun, ada tiga calon motor yang disebut-sebut akan dikenalkan besok lusa, yakni Honda Vario 160, Honda ADV 350, dan yang terakhir, Honda Forza 150.

Honda Forza 150. Foto: Greatbiker.

Photo :
  • Greatbiker.
Honda Luncurkan Motor Naked Sports Terbaru

Menariknya, dari ketiganya, Honda Vario 160 agaknya yang paling masuk akal. Sebab, beberapa bulan lalu, pabrikan asal Jepang tersebut sempat mengungkap kode proyek ‘K2’ yang disinyalir menjurus pada pesaing Yamaha Aerox tersebut.

Jika Honda Vario 160 benar-benar diluncurkan besok lusa, maka kendaraan tersebut diyakini akan menggunakan mesin yang sama seperti Honda PCX 160. Biar tak penasaran berikut kami rangkum bocoran singkatnya.

Bocoran Honda Vario 160

Honda Vario 160 disebut-sebut bakal berubah total dari segi tampilan. Misalnya pada bagian lampu depan dan belakang, fairing atau sayap yang dirancang lebih aerodinamis, serta ukuran ban yang kabarnya dibuat lebih besar.

Honda Vario 160

Photo :

Calon senjata baru Honda itu kemungkinan akan menggunakan rangka baru berjenis enhanced Smart Architecture Frame atau eSAF yang membuat bobot kendaraan jauh lebih ringan dan nyaman dikendarai.

Honda Vario 160 kabarnya juga membawa fitur anyar yang belum tersedia di model sebelumnya, seperti sistem pengereman ABS, Honda Selectable Torque Control (HSTC), dan masih banyak lagi. Hal tersebut merupakan langkah penyempurnaan yang harus dilakukan pabrikan demi menjerat banyak konsumen baru.

Sementara untuk ruang pacu, sejumlah sumber menduga, Honda Vario baru bakal menggunakan mesin eSP+ empat klep dengan kapasitas 156cc dan rasio kompresi 12:1. Pembekalan tersebut  membuat kendaraan mampu menghasilkan tenaga maksimum 15,8 daya kuda dan torsi puncak 15 Nm.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya