Cafe Racer Mulai Redup, Scrambler-Tracker Merajalela

Scorpio bergaya Scrambler.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto

VIVA – Beragam motor kustom di Indonesia tentu punya ciri khas masing-masing. Semua tergantung racikan builder. Namun ada satu fakta menarik yang bisa dicermati.

Kebangkitan Budaya Kustom Otomotif Usai Pandemi Hadir di Garage Life

Ternyata modifkasi jenis tracker dan scrambler terus merajalela. Berbanding terbalik dengan cafe racer. Penyebabnya sedikit banyak dipengaruhi konstruksi jalan di Indonesia. Setidaknya itulah pernyataan yang disampaikan Bimo Hendrawan dari bengkel Bimo Custombikes Jakarta.

Kata Bimo, cafe racer kini hanya laku di berbagai kota yang punya jalan mulus, seperti di Jakarta dan Tangerang.

Ini Modifikasi Motor yang Bisa Bikin Pemiliknya Rugi

"Kalau cafe racer kurang di Palembang, karena saya lihat jalanannya juga tidak mulus, maka kelas tracker yang lebih dominan," ujar Bimo  kepada VIVA, di Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu, 13 April 2018.

Kata Bimo yang juga menjadi salah saru juri Suryanation Motorland, modifikasi bergaya tracker dan scrambler bukan cuma laku di Indonesia. “Kalau di 2018 ini masih scrambler dan tracker, secara universal,” katanya.

Modifikasi Motor Baru, Catat Hal-hal Ini Agar Garansi Tak Gugur

Bimo menjelaskan, kustom bergaya tracker dan scrambler memiliki ciri khas penggunaan ban besar kasar atau dual purpose. Setang dan suspensi depannya juga tinggi. "Kalau cafe racer, setang jepit dengan posisi rendah, dengan single seater dan ban khusus di jalan raya."

Harley-Davidson Trike garapan bengkel asal Ciputat

Motor Kustom Terbaik di Kustomfest 2023 Korbankan Tas Mewah Louis Vuitton

Harley-Davidson dengan roda tiga ini menjadi yang terbaik pada ajang Kustomfest 2023 yang berlangsung di Yogyakarta. Motor tersebu digarap bengkel asal Ciputat, Tanngsel.

img_title
VIVA.co.id
9 Oktober 2023