Motor Kustom Terbaik di Kustomfest 2023 Korbankan Tas Mewah Louis Vuitton

Harley-Davidson Trike garapan bengkel asal Ciputat
Sumber :
  • VIVA

Yogyakarta, 9 Oktober 2023 –  Kustomfest 2023 yang berlangsung di Jogja Expo Center, pada 7-8 Oktober telah menemukan motor kustom terbaik di tahun ini. Proses penilaian ratusan motor kustom yang hadir melibatkan juri internasional.

Suzuki Siap Jual Motor Listrik Murah dengan Desain Retro, Intip Bocorannya

“Kustom bike show dari 300 motor yang mendaftar tahun ini hanya 150 motor yang memenuhi syarat ditampilkan,” ujar Direktur Kustomfest, Lulut Wahyudi.

Beberapa juri yang terlibat ada Makoto Watanabe dari Chooper Journal, lalu Winston Yeh dari Rough Crafts, Kaichiroh Kurosu dari Cherrys Company, Masayuki Sugihara dari Luck MC, Yuichi Yoshizawa dari CW Zon.

Bea Cukai Langsa Aceh Sita Onderdil Harley Davidson

Setelah proses penilaian yang ketat, Harley-Davidson Trike garapan bengkel asal Ciputat, Tangerang Selatan, yaitu Kromwork berhasil menjadi juara pertama, atau mendapatkan gelar sebagai motor kustom terbaik.

Moge roda tiga itu pakai basik mesin Harley-Davidson Softail Evolution dengan meningkatkan volume silinder menjadi 2.000cc. Lalu frame, tangki, kaki-kaki terbuat dari bahan baja tahan karat, atau stainless steel.

Pak Prabowo, Jangan Lupa Janjinya Bikin Indonesia Produksi Mobil dan Motor Sendiri

Andika Pratama sebagai builder, atau pemilik bengkel Kromwork mengatakan, keinginan pemilik, yaitu Robert Sukarno menyukai motor elegan tapi ingin berbeda dari pada umumnya, sehingga dibuat konsep trike.

“Trike ini dibuat tidak pada umumnya, materaial stainless steel, suspensi depan kita buat, bagian belakang dinfrensial gir kita kustom. Jadi gimana caranya motor ini elegan, tapi berpadu dengan unsur artistik,” tutur Andika.

Menurutnya hal paling rumit dalam pengerjaan moge roda tiga itu bukan di penggerak roda belakangnya, melainkan sasis. Karena terbuat dari stainless steel yang lebih cepat memuai dibandingkan material lain.

“Bagian sasis paling susah, karena stainless steel ini tidak seperti sasis dari material besi, atau aluminium. Karena saat proses welding, saat kita letakan jig (alat bantu) untuk sasis bagiannya masih bisa tetap memuai,” tuturnya.

Harley-Davidson Trike garapan bengkel asal Ciputat

Photo :
  • VIVA

Semua komponen dibuat sendiri, terkecuali velg belakang, dan depan yang hanya mereka desain dan pengerjaan cetaknya di lakukan di luar negeri. Kemudian yang tidak kalah menarik, penggunaan bahan jok, dan grip.

“Jok pakai bahan LV (Louis Vuitton), ownernya suka barang-barang branded, dia punya tas LV enggak terpakai, ya sudah dipotong saja nih buat jok sama handgrip,” sambungnya.

Soal biaya Andika enggan menjelaskan, namun untuk proses pengerjaan Harley-Davidson roda tiga berlabur krom tersebut membutuhkan waktu 5 bulan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya