Lima Fakta soal Motor Listrik Gesits Buatan Anak Bangsa

Menteri ESDM Ignasius Jonan mencoba motor Gesits.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yunisa Herawati

VIVA – Keinginan pemerintah untuk menghadirkan kendaraan listrik disambut baik oleh para produsen. Tidak hanya pabrikan asal luar negeri, beberapa merek lokal juga turut serta memasarkannya.

Catat, Ini Daftar Bengkel yang Terima Konversi Motor Listrik Gratis

Seperti Viar dengan sepeda motor Q1, yang digerakkan sepenuhnya oleh energi listrik. Honda juga sudah mulai mengenalkan PCX Hybrid, yakni perpaduan antara mesin konvensional dengan motor listrik.

Satu lagi produsen lokal yang akan meluncurkan sepeda motor listrik yakni Gesits. Kendaraan beroda dua ini adalah hasil kerja sama antara Garansindo Group dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS).

Usai Sepi Peminat, Pemerintah Kasih Gratis Konversi Motor Listrik

Berdasarkan informasi yang diterima VIVA, ada lima fakta menarik soal motor yang akan diluncurkan pada Oktober atau November 2018 tersebut.

Motor listrik Gesits

Moeldoko Ungkap Penyebab Subsidi Motor Listrik Kurang Laku, Anak Muda Tak Suka Motor Pelan
  1. Gesits akan dirakit di pabrik milik PT Wijaya Karya Konstruksi. Target awal produksi adalah 50 ribu unit per tahun
  2. Kehadiran Gesits ternyata menggoda Presiden Joko Widodo. Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir mengatakan, Jokowi telah memesan 50 unit skuter listrik tersebut. Yang rencananya akan digunakan untuk kebutuhan operasional.
  3. Motor penggeraknya dibuat oleh PT Pusat Industri Angkatan Darat atau Pindad.
  4. Baterai Gesits bisa dilepas dengan mudah, sehingga bisa ditukar dengan baterai yang sudah terisi penuh.
  5. Menurut Nasir, biaya operasional Gesits lebih murah dari semangkuk bakso yang rata-rata dijual dengan harga Rp10-12 ribu.
Suzuki Access

Suzuki Siap Jual Motor Listrik Murah dengan Desain Retro, Intip Bocorannya

Besar kemungkinan motor dari pabrikan asal Jepang tersebut akan memakai nama Suzuki e-Access, yang memiliki desain retro dan sudah dipasarkan versi bensinnya di India. ..

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024