Punya Bodi Gendut, Seberapa Lincah Yamaha FreeGo?

Yamaha FreeGo
Sumber :
  • VIVA/Jeffry

VIVA – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pertama kali meluncurkan Yamaha FreeGo di ajang Indonesia Motorcycle Show pada awal November 2018. Perlu diketahui, FreeGo menjadi motor matik ke-8 buatan Yamaha yang ditanami mesin 125cc.

Selain Mobil, Pengunjung GIIAS Juga Bisa Jajal Motor Listrik

Untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan skutik terbaru Yamaha tersebut, VIVA dapat kesempatan menjajalnya langsung di area parkir Sirkuit Sentul. Bentuk bodi FreeGo sekilas mirip Soul GT, namun lebih gemuk dan fiturnya lebih lengkap.

Posisi lampu seinnya juga mirip Soul yang menempel di tameng depan bagian bawah. Tapi lampu utama FreeGo sudah LED, hanya lampu senja, sein dan rem masih bolham. Untuk tempat pengisian bahan bakarnya ada di dashboard tengah sehingga tak perlu repot membuka jok saat isi bensin, sama seperti varian Maxi.

Murahnya Kredit Yamaha Freego, Cicilan per Bulannya Rp900 Ribuan

Lalu bagaimana soal kelincahannya? dari posisi riding motor ini juga mirip dengan Soul GT. Dengan postur tinggi 170 cm motor ini masih nyaman, dan ruang deck pijakan kaki tidak begitu sempit seperti Mio Series.

Kebetulan VIVA coba varian tertinggi S Version ABS dan langsung menyalakan mesin tidak perlu memasukan anak kunci lagi, karena sudah dibekali smart key system alias kunci pintar. Mendengar langsam mesinnya sama saja dengan model matik 125cc milik Yamaha lainnya.

Test Royal Enfield Meteor 350: Cocok untuk Pemotor Tak Takut Istri

Motor langsung digeber dan tarikan bawah cukup responsif, namun bukan itu yang membuat VIVA puas. Penggunaan velg ring 12 inci yang sama dengan Filano, bikin handlingnya lebih stabil dari model matik
Yamaha yang masih velg 14 inci.

Otomatis dengan velg 12 inci, ban jadi lebih bulat dan IRC pertama kali membuat ban tersebut khusus FreeGo. Ukuran depannya 100/90 dan belakang 110/90, maka ketika melewati rintangan dari kon sangat lincah meski manufer yang dilakukan cukup ekstrem.

Yang jadi keunggulan skutik dengan banderol Rp18,5 juta sampai Rp22,5 juta itu memiliki bagasi besar, dengan kapasitas 25 liter. Bagasi tersebut bisa besar, karena posisi tangki bahan bakar ada di dek bawah
maka lubang pengisian bensin ada di dashboard tengah.

Selain itu, khusus tipe tertinggi pengereman sudah dibekali ABS (anti-lock brake system), dan beberapa fitur-fitur canggih yang tidak dimiliki NMax, seperti SSS (stop and start system), power outlet 12 volt. Selain itu adajuga fitur lampu hazard, Immobilizer, dan answer back system.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya