Remote Keyless Motor Terendam Banjir Bakal Korslet?

Ilustrasi kunci remote sepeda motor
Sumber :
  • Viva.co.id/Pius Mali

VIVA – Teknologi dihadirkan untuk memberi rasa nyaman dan aman pada penggunanya. Hal itu juga berlaku di dunia otomotif, di mana para produsen berusaha memanjakan konsumen dengan berbagai fitur canggih.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Salah satu yang sedang jadi tren di pasar sepeda motor, yakni fitur yang memungkinkan pengendara untuk menghidupkan mesin tanpa kunci.

Fitur ini diberi nama keyless, dan memerlukan remote sebagai pengganti kunci fisik. Tanpa adanya remote, maka kuda besi tidak akan bisa dihidupkan mesinnya sama sekali.? Remote juga berfungsi untuk mengaktifkan alarm, yang berguna ketika terjadi tindak pencurian kendaraan.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Pemilik atau pengendara kini tidak perlu repot ketika hendak menyalakan mesin, karena cukup mengaktifkan remote, lalu menaruhnya dekat dari sepeda motor selama berkendara.

Banyak pengguna yang menaruh kunci canggih tersebut di kantong celana, baju, maupun jaketnya. Lantas, amankah kunci tersebut saat terkena hujan, mengingat kunci ini berisi perangkat elektronik dan sensor di dalamnya?

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Dikutip dari laman resmi Suzuki, Minggu 1 Maret 2020, pabrikan sudah merancang komponen tersebut agar terlindungi dari air.

Jadi, tidak masalah kalau remote keyless hanya terkena air hujan atau percikan air. Namun, karena memerlukan tombol yang bisa ditekan setiap saat, maka akan ada celah bagi air untuk masuk, apabila kondisinya terendam air.

Hal senada diakui oleh Technical Service Divison PT Astra Honda Motor, Endro Sutarno. Ia mengatakan, kuncinya ada di seberapa banyak air tersebut.

kalau cuma kehujanan enggak masalah ya. Kecuali, pemilik motor merendam kunci tersebut. Kehujanan pun aman, sudah dirancang biar enggak masuk air secara langsung," ujarnya beberapa waktu lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya