Motor Listrik Bakal Jadi Tren, Mekaniknya Sudah Ada yang Bisa?

Mendeteksi masalah yang terjadi pada sepeda motor
Sumber :
  • Viva.co.id/ Pius Mali

VIVA – Polusi udara akibat emisi gas buang kendaraan bermotor, membuat sepeda motor listrik dicanangkan sebagai salah satu solusi transportasi di masa mendatang. Kebutuhan tersebut membuat produsen otomotif, menyiapkan produk-produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Suzuki Siap Jual Motor Listrik Murah dengan Desain Retro, Intip Bocorannya

Tak hanya berupa produk, melalui agen pemegang merek juga disiapkan layanan servis untuk kendaraan masa depan tersebut. Hal ini seperti diungkapkan oleh General Manager Aftersales & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Muhamad Abidin.

"Jadi saya yakin temen-temen teknisi siap dan YMC (Yamaha Motor Corporation) sudah mengajarkan kami tentang motor listrik," ujarnya disela acara Indonesia Technician Grand prix ke-17, di Jakarta, Selasa 10 maret 2020.

Catat, Ini Daftar Bengkel yang Terima Konversi Motor Listrik Gratis

Menurut Abidin, persiapan teknisi Yamaha untuk penanganan motor-motor canggih sudah dilakukan sejak saat ini. Salah satunya setelah dihadirkannya produk skuter matik Yamaha NMax Connected. Skutik berperawakan bongsor itu, sudah dilengkapi sistem konektivitas ponsel pintar dari penggunanya.

Baca juga: Yamaha Indonesia Siapkan Mekanik Motor Kelas Dunia

Usai Sepi Peminat, Pemerintah Kasih Gratis Konversi Motor Listrik

"Salah satu alat tes hari ini sudah menggunakan NMax. baru. Di sini ada benang merahnya, Yamaha sudah menghubungkan sepeda motor degan IOT (internet of think), jadi mulai ke arah sana, walaupun masih hanya bersifat notifikasi," paparnya.

Tak hanya itu, mekanik sepeda motor berlogo Garpu Tala itu, kata Abidin, sudah diajarkan untuk menggunakan Yamaha Diagnostic Tool versi tiga yang disesuaikan untuk on board diagnostic versi dua. Alat-alat ini bisa dipakai oleh mekanik untuk mengetahui masalah yang terjadi pada sepeda motor.

Motor listrik Yamaha E-Vino.

"Secara struktur mesin, sepeda motor listrik tidak terlalu rumit dibandingkan dengan intrernal combustion engine atau motor bakar. Saya pikir teknisi Yamaha tidak terlalu sulit untuk mengikutinya, karena hanya tinggal cabut baterainya saja, tidak perlu ganti oli dan sangat mudah," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya