75 Bendera Merah Putih Berkibar di Puncak Tertinggi Sukabumi Selatan

Upacara Bendera HUT ke-75 di komunitas trail.
Sumber :
  • R. Jihad Akbar/VIVA.

VIVA – Sebanyak 75 bendera Merah Putih berkibar di puncak tertinggi di Sukabumi Selatan tepat di hari Kemerdekaan RI ke-75, yang jatuh hari ini. Upacara pun dilakukan dengan hikmat oleh Panyaguan Endah Raider Offroad Club Kalibunder (Panerock) bersama Jampang Trail Adventure Sport (Jatras). 

Menteri Basuki: ASN Pindah ke IKN Usai Upacara 17 Agustus

Pengibaran bendera tersebut dilakukan di Puncak Gunung Patat, Kecamatan Kalibunder, Sukabumi, Jawa Barat. Para rider terabas menembus jalur ekstrem dari Desa Kalibundar menuju Puncak Angin-angin dengan penuh semangat, sambil mengenang jasa para pahlawan ketika merebut Kemerdekaan RI.

Penancapan 74 Bendera Merah Putih dilakukan pada Minggu Malam 16 Agustus. Kemudian pagi ini, 1 bendera raksasa pun dikibarkan saat upacara yang dihadiri puluhan rider anggota kedua club tersebut. 

Upacara POUN di Kelenteng Hiap Thian Kiong Karawang, Mohon Doa Keselamatan dan Lindungi Nasib

Ketua Panerock Sandi mengungkapkan, selain melambangkan usia kemerdekaan RI, Penancapan 75 Bendera Merah Putih itu pun disertai harapan Indonesia bisa cepat bangkit dari kondisi saat ini. Khususnya, membaiknya aspek kehidupan saat ini yang terhantam pandemi Virus Corona.

"Cepat sembuh Indonesia ku," tegasnya kepada VIVA, saat menjadi pembina upacara, Senin 17 Agustus 2020.

PUPR Buka-bukaan Progres Pembangunan di IKN Sambut Upacara HUT ke-79 RI

Dia pun menegaskan, pemilihan penancapan puncak tertinggi di Gunung Patat itu, agar doa yang diharapkan juga oleh seluruh masyarakat Indonesia itu bisa dikabulkan Allah SWT. Kemudian kehidupan di Indonesia bisa kembali normal.

Upacara Bendera HUT ke-75 di komunitas trail.

"Kita semua menancapkan bendera ini dengan tujuan, menjadi doa bagi bangsa ini. Karena bangsa ini yang kita rasakan sedang sakit," ungkapnya.

Upacara itu dipandu oleh Anggota Jatras. Rio dan dipimpin dengan hikmat oleh Awep. Sementara itu, teks proklamasi dibacakan Sandi. 

"Mudah-mudahan dengan penancapan bendera di Sukabumi Selatan di puncak tertinggi ini, menjadi doa kita dan Indonesia cepat disembuhkan penyakitnya," tegasnya.

Sedangkan, Pancasila pun digaungkan oleh Anggota Panerock Barry Achmad dan pembukaan Undang-undang dasar oleh Irman Taufik. 

Sebagai informasi, Puncak Gunung Patat memiliki fungsi penting bagi para nelayan di Sukabumi. Sebab, puncak gunung itu merupakan patokan bagi nelayan yang melaut untuk mengetahuiposisi mereka untuk merapat usai melaut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya