Punya Desain Tak Biasa, Setang Motor Ini Jadi Sorotan Warganet

Setang unik motor Suzuki All New Satria FU Injeksi ala motor
Sumber :
  • Screenshot Instagram

VIVA –Setang motor punya peran penting bagi pengendaranya. Sebab, batang besi tersebut menjadi pusat kendali ketika berkendara ketika berbelok, maupun saat berada di jalanan lurus.

Suzuki Nex II Edisi 2024 Mengaspal, Ini Perubahannya

Selain itu gas untuk memacu sepeda motor pun ada di bagian setang. Tak heran bila pabrikan otomotif roda dua, merancang batang kemudi dengan posisi terbaik bagi pengendara, serta menyesuaikan dengan desain sepeda motornya.

Meski sudah dirancang sebaik mungkin oleh pabrikannya, ada saja pemilik sepeda motor yang melakukan modifikasi setangnya. Cara ini, biasa dilakukan juga oleh para pehobi balapan trek lurus (drag bike).

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Ketika 'Kuda Besi' dipacu di lintasan balap lurus, biasanya posisi duduk joki harus menempel dengan sepeda motornya. Cara ini dilakukan, untuk memperkecil hambatan angin ketika sepeda motor melaju.

Tak heran jika model setangnya pun harus disesuaikan, dengan posisi pengendaranya. Batang kemudi tak lagi dibuat lebar seperti rancangan standar pabriknya, tetapi dibuat lebih rapat. Bahkan, ada yang desainnya mencuri perhatian.

Video Anak Kecil Mengendarai Sepeda Motor, Ada Risiko Hukumnya

Salah satu contohnya ada di foto yang diunggah akun @agoez_bandz4. Gambar memperlihatkan setang motor Suzuki Satria F150 injeksi, yang dibuat merapat dengan bodi sepeda motornya. Desain tersebut tentu akan merepotkan pengendara saat pemakaian harian, terutama ketika berbelok.

Jelas, desain setang motor unik tersebut menuai beragam komentar dari Netizen. Mereka bertanya bagaimana cara mengendalikan Suzuki Satria F150 injeksi tersebut, saat dipakai berkendara harian dan bukan di trek balap drag bike.

"Cara mengendarainya gimana dah itu? Enggak ngerti sama yang doyan modifikasi begini," komentar warganet. "Beloknya gimana itu?" salah satu komentar di unggahan tersebut. "Motor apa gerobak bakso woy," tulis salah satu Netizen di kolom komentar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya