Kawasaki Bakal Hentikan Produksi Motor Bensin di 2035

Kawasaki Z650RS
Sumber :
  • Paultan

VIVA – Kawasaki akan beralih ke motor listrik di masa depan. Pabrikan asal Jepang ini takkan memproduksi lagi kendaraan roda dua berbahan bakar bensin mulai tahun 2035.

Suzuki Siap Jual Motor Listrik Murah dengan Desain Retro, Intip Bocorannya

Seperti dikutip dari Carscoops, Selasa 12 Oktober 2021, Kawasaki berencana menjual motor listriknya hanya di Jepang, Eropa, Amerika Serikat, Kanada. Selain tenaga listrik, perusahaan juga berencana mengusung motor bertenaga hidrogen.

Sepeda motor Kawasaki Ninja ZX-25R

Photo :
  • dok. Kawasaki
Catat, Ini Daftar Bengkel yang Terima Konversi Motor Listrik Gratis

Dalam rencananya, Kawasaki akan meluncurkan rata-rata sebanyak 16 model sepeda baru mulai tahun 2025. Lalu di 2035, Kawasaki akan menghentikan produksi motor berbahan bakar bensin.

Presiden Kawasaki, Hashimoto Yasuhiko mengaku banyak tantangan yang harus dihadapi dalam menciptakan motor listrik. Menurutnya, pecinta Kawasaki masih suka dengan suara dan getaran yang dihasilkan oleh mesin pembakaran internal.

Usai Sepi Peminat, Pemerintah Kasih Gratis Konversi Motor Listrik

Jika beralih ke tenaga listrik, tentu suara khas mesin Kawasaki akan hilang. Meski begitu, Kawasaki akan berusaha mencari cara agar pengendara motor dapat menikmati berkendara walau menggunakan motor listrik.

Kawasaki D-Tracker edisi 2021

Photo :
  • Kawasaki

Apabila dibandingkan dengan produsen motor lainnya, target Kawasaki memang cukup luar biasa. Honda saja menargetkan pengurangan karbon pada 2050 tapi tak ada penjelasan periode lebih kecil dan detail, sedangkan Yamaha hanya 90 persen motor yang ditawarkan elektrik pada 2050.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya