Sering Disebut Anak Motor, Apa Sebenarnya Arti Ngabers?

Ilustrasi Ngabers.
Ilustrasi Ngabers.
Sumber :
  • Instagram.

VIVA – Sejak beberapa bulan terakhir, ada satu diksi baru yang kerap diucapkan anak-anak muda di tempat tongkrongan, yakni ngabers. Lantas, apa sebenarnya arti kata tersebut? Lalu, apa kaitannya dengan sepeda motor?

Jika mencarinya di kamus besar bahasa Indonesia atau KBBI, kita pasti tak akan menemukan arti kata ngabers. Namun, bukan berarti ngabers hanya sekadar kata tanpa makna.

Melalui penelusuran VIVA Otomotif dari berbagai sumber, dikutip Minggu 28 November 2021, ngabers sendiri berasal dari kata ‘ngab’ atau kebalikan dari ‘bang’. Kata tersebut digunakan untuk memanggil orang yang lebih tua, seperti: mau pergi ke mana, bang/ngab?

Nah, lama-lama, panggilan tersebut terdengar keren dan unik. Itulah mengapa, banyak anak tongkrongan yang akhirnya menyapa rekan-rekannya dengan panggilan ‘ngab’. Mereka-mereka ini yang kemudian disebut sebagai ngabers.

Namun, pertanyaannya satu, apa kaitannya ngabers dengan dunia roda dua?

Ilustrasi Ngabers.

Ilustrasi Ngabers.

Photo :
  • Instagram.

Diketahui, akhir-akhir ini banyak kalangan muda yang memodifikasi kendaraannya dengan tampilan aneh dan terkesan ekstrem. Misalnya, bodi motor dibuat trondol, menggunakan knalpot grang-grung, spatbor belakang dipotong, hingga memasang spion bar end di tepian setang.