Haji Lulung Pernah Kampanye Naik Motor, Harganya Bikin Kaget

Haji Lulung naik motor Yamaha XMAX
Sumber :
  • Screenshoot Instagram

VIVA – Abraham Lunggana alias Haji Lulung meninggal dunia di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta Barat, Selasa 14 Desember 2021. Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menghembuskan nafas terakhirnya di usia 62 tahun.

Suzuki Siap Jual Motor Listrik Murah dengan Desain Retro, Intip Bocorannya

Sebelum meninggal politisi senior itu sempat bergabung dengan Partai Amanat Nasional (PAN) pada Juni 2018 untuk maju menjadi calon legislatif di Pemilu 2019. Saat berkampanye, Haji Lulung menggunakan sepeda motor.

Pak Prabowo, Jangan Lupa Janjinya Bikin Indonesia Produksi Mobil dan Motor Sendiri

Seperti dikutip Viva Otomotif dari Instagram @hajilulung_24, salah satu tokoh dari Tanah Abang itu sempat memposting foto saat berboncengan menggunakan Yamaha XMAX lengkap dengan kaos PAN, bertuliskan nomor urut caleg dapil 3 DKI Jakarta.

Catat, Ini Daftar Bengkel yang Terima Konversi Motor Listrik Gratis

Yamaha XMAX berwarna putih tersebut adalah generasi pertama yang diluncurkan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing pada 2017 lalu. Dibanderol Rp50 jutaan sebagai adik kandung dari T-MAX di kelas moge berjenis matik.

Motor matik yang terlahir dari keluarga Maxi Yamaha itu dipersenjatai mesin 250cc satu silinder SOHC berpendingin cairan. Tenaga maksimal yang dapat disemburkan 22,5 dk di 7.000 rpm, dan torsi 24,3 Nm di 5.500 rpm.

Secara dimensi memang cukup besar, panjang keseluruhan motor matik tersebut mencapai 2.185 mili meter, dengan lebar 775 mm, dan tingggi 1.465 mm. Jarak sumbu rodanya 1.540 mm, dan jarak terendah ke tanah 135 mm.

Ketinggian tempat duduk 795 mm, matik tersebut memiliki bobot 170 kilogram. Dengan pengisian bahan bakar ke tangki 13 liter, sedagkan kapasitas olinya untuk pergantian berkala sesuai pemakaian sebanyak 1,5 liter.

Pada sektor kaki-kaki terlihat gambot, berkat penggunaan pelek berukuran 15 inci pada bagian depan dibalut ban 120/70, dan belakang mengandalkan pelek 14 inci dengan ban 140/70. Suspensi depan teleskopik, dan belakang ganda.

Untuk sistem keamanannya, pabrikan berlambang garpu tala itu menyematkan beberapa fitur canggih seperti halnya pengereman ABS (Anti-lock Braking System), hingga TCS (Traction Control System) agar mencegah ban selip.

Menambah kesan mewah dan kemudahan penggunannya, matik tersebut memiliki kunci pintar dengan sistem putar. Kemudian power outlet di dashboar depan untuk mengisi daya handphone. 

Penerangan utama LED dilengkapi DRL (Daytime Running Light) di dalam headlamp, dan lampu rem belakang pun LED. Seperti halnya mobil, XMAX juga dilengkapi lampu hazard yang berfungsi dalam keadaan darurat. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya