Yamaha dan Kawasaki 'Gandengan Tangan', Bikin Motor Apa Ya?

Kolaborasi Kawasaki dan Yamaha ciptakan mesin hidrogen
Sumber :

VIVA – Tak hanya pabrikan mobil yang mengembangkan energi alternatif, kini produsen sepeda motor pun sudah mulai menciptakan kendaraan roda dua yang ramah dengan lingkungan, seperti yang dilakukan oleh Yamaha yang berkolaborasi dengan Kawasaki.

Teori Jepang Terbukti, Mobil Listrik Bukan Segalanya

Seperti dikutip VIVA Otomotif dari Rideapart, Jumat 7 Januari 2022, kedua pabrikan asal Jepang tersebut bekerja sama untuk mengembangkan sepeda motor yang ramah lingkungan, tidak mengusung motor bertenaga listrik, tapi motor hidrogen

Sebetulnya hidrogen bukan mainan baru bagi Kawasaki, karena sudah lama mengembangkan mesin hidrogen untuk sepeda motor. Bahkan semua motor Kawasaki rencananya pada tahun 2035 akan menggunakan bahan bakar hidrogen.

Stasiun Pengisian Hidrogen Pertama di Indonesia Diresmikan PLN

Kawasaki sudah lama melihat jika bahan bakar hidrogen, merupakan salah satu solusi energi alternatif di masa depan untuk menggantikan bahan bakar minyak. Hal tersebut juga selaras, dengan perkembangan kendaraan listrik yang semakin banyak dijual di pasaran.

Logo Kawasaki.

Photo :
  • newasrtcolourz
Garap Bisnis di Sektor Energi Primer, PLN Teken MoU dengan Perusahaan Jepang

Di samping itu, gagasan Kawasaki untuk mengembangkan sepeda motor berbahan bakar hidrogen sudah tercium, ketika Kawasaki Heavy Industries menciptakan hidrogen cair pertama di dunia, hidrogen tersebut diberi nama The Suiso Frontier.

Asiknya, Kawasaki tak hanya fokus di roda dua saja. Karena Kawasaki juga berupaya mengembangkan mesin hidrogen untuk sejumlah kendaraan lain, seperti alat berat di darat, kapal laut, hingga generator turbin bertenaga hidrogen.

Karena sudah berpengalaman, sehingga Yamaha kepincut untuk bekerja sama dengan Kawasaki untuk menciptakan sepeda motor, dengan menggunakan bahan bakar hidrogen.

Apalagi Yamaha punya ambisi untuk dapat menciptakan sepeda motor yang ramah lingkungan, pasalnya Yamaha juga menargetkan dapat tercapai 100 persen netralitas karbon pada 2050 mendatang.

Wah seru nih, karena ketika Kawasaki berkolaborasi dengan Yamaha, akan membuat Honda dan Suzuki juga tak mau kalah. Setidaknya meskipun mereka tidak berkolaborasi, tapi minimal mereka tidak berhenti untuk berinovasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya