Jangan Anggap Remeh, Ini Risiko Berkendara Pakai Sendal Jepit

Sendal jepit (Twitter/@parnoy96)
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Selain mematuhi peraturan lalu lintas untuk keselamatan bersama, ada hal yang harus dilakukan pengendara sepeda motor untuk melindungi keselamatan dirinya, seperti tidak menggunakan sendal jepit.

Berani Tampil Beda, Jennifer Lawrence Pakai Sandal Jepit di Festival Film Cannes 2023

Pasalnya ada beberapa perlengkapan berkendara yang wajib digunakan seperti helm, jaket, celana panjang dan sarung tangan, namun tak kalah pentingnya alas kaki seperti sepatu.

Karena sepatu dapat membungkus kaki dengan sempurna. Jadi, kaki pengendara motor bisa terlindung dari berbagai hal yang berbahaya.

Korlantas: Tidak Benar Pengendara Motor Pakai Sendal Jepit Ditilang

Sayangnya banyak pengendara motor yang meremehkan penggunaan sepatu, dan nekat berkendara menggunakan sepeda motor. Seperti para pekerja yang berkendara dikala hujan, biasanya mereka menukar sepatu yang dikenakan dengan sendal jepit, agar sepatu tidak basah.

Naik Motor Pakai Sandal.

Photo :
  • Wahana Honda.
Aura Kasih: Aku Gak Butuh Pengakuan Lagi, Pakai Sendal Jepit Bodo Amat

Padahal seperti dikutip VIVA Otomotif dari laman Wahana Honda, Minggu 6 Maret 2022 pemakaian sandal jepit, untuk naik motor malah akan mendatangkan berbagai risiko bagi pengendara. 

Pasalnya tanpa terlindungi oleh sepatu, kaki berisiko mengalami luka bakar akibat tak sengaja menyentuh knalpot maupun blok mesin yang panas. Apalagi jika pengendara mengendarai motor sport. 

Selain itu, kaki pun berisiko mengalami luka gores, jika pengendara hanya mengenakan sandal dan bukannya sepatu ketika naik motor. 

Goresan ini bisa muncul akibat terkena kerikil terbang, maupun benda-benda tajam yang ada di jalanan. Misalnya saja ranting tanaman, maupun bagian kasar dari trotoar.

Selain potensi luka bakar dan tergores, ada risiko cedera yang harus dihadapi jika tidak mengenakan sepatu waktu naik motor. 

Cedera tersebut dapat muncul apabila kaki pengendara tersenggol kendaraan-kendaraan lain di sekitar. Selain itu, apabila terjatuh puh, risiko cedera menjadi lebih besar karena kaki tidak terlindung seperti halnya jika pengendara mengenakan sepatu.

Nah, agar tidak terjadi risiko tersebut gunakanlah sepatu, namun tak sembarangan sepatu.

Pasalnya sepatu yang aman untuk mengendarai motor adalah yang modelnya menutupi mata kaki, karena mampu melindungi jari, tumit, bagian kaki lain, hingga pergelangan kaki sekaligus.

 Untuk naik motor bebek maupun sport, gunakanlah sepatu dengan hak, yang dapat menjaga grip di antara sepatu dan footstep.

Pemotor bisa memilih sepatu boots, pantofel, hingga sneakers. Pastikan sepatu pengendsra tidak licin ketika memijak footstep.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya