Juara MotoGP Enea Bastianini Pakai Helm Buatan RI, Harganya Murah!

Helm Enea Bastianini di MotoGP
Sumber :
  • MotoGP

VIVA – Pembalap Gresini Racing Ducati, Enea Bastianini menjadi juara pertama MotoGP 2022 yang berlangsung di Sirkuit Losail, Qatar, pada Minggu 6 Maret 2022. Dia tampil impresif hingga menjadi yang tercepat dari pembalap lain.

Pole Position Pertama bersama Gresini, Marc Marquez Mantap Incar Podium MotoGP Spanyol 2024

Enea Bastianini mengantongi  catatan waktu 42 menit 13.1988 detik, sementara posisi kedua ditempati pembalap KTM Factory Racing, Brad Binder, disusul Pol Espargaro dari Repsol Honda yang memiliki selisih waktu 1.351 detik.

Lagi Pimpin Sprint Race MotoGP Spanyol Malah Jatuh, Kenapa Sih Marc Marquez?

Sedangkan Aleix Espargaro berada di posisi ke empat, dan Marc Marquez hanya berhasil menduduki peringkat lima. Dengan pencapaian tersebut, artinya Bastianini menjadi rider keempat Gresini yang bisa memenangkan MotoGP.

Sebelumnya pembalap dari satu tim yang pernah duduk di peringkat atas adu kebut paling bergengsi itu adalah Sete Gibernau, Marco Melandri, dan Toni Elias.

Martin Juara, Sprint Race MotoGP Spanyol Diwarnai Banyak Kecelakaan Termasuk Marquez & Bagnaia

Keberhasilan pembalap 24 tahun itu tentu menjadi sorotan, salah satunya helm yang digunakan saat di lintasan. Diketahui, umumnya para pembalap MotoGP mengenakan pelindung kepala buatan Arai, AGV, Shoei, Xlite atau Nolan.

Sedangkan pembalap asal Italia itu memilih brand buatan Indonesia, yakni KYT. Melihat dari desainnya, helm yang digunakan Bastianini di MotoGP Qatar adalah KYT SR-GP dengan warna dan striping khusus.

Secara kode serupa dengan Suomy. Merangkum dari beberapa sumber, perusahaan asal Italia itu sudah bekerjasama dengan KYT setelah mendapatkan suntikan dana akibat krisis yang terjadi di negaranya beberapa waktu lalu.

Berdasarkan informasi dari situs resmi Suomy, dilansir Viva Otomotif, Senin 7 Maret 2022, pelindung kepala yang digunakan juara MotoGP Qatar tersebut terbuat dari bahan karbon halus, yang dipadukan dengan kevlar dan fiberglass.

Untuk bagian luarnya mengandalkan bahan dari serat tricarboco untuk memastikan cangkang lebih keras, lebih aman, dan tahan benturan, namun tetap ringan. Terdapat beberapa lubang pada bagian depan untuk sirkulasi udara.

Yang terpenting sudah mengantongi sejumlah pengakuan standar keamanan, diantaranya homologasi dari FIM Racing, DOT atau Amerika, ECE 22-05 alias Eropa, dan lain-lain.

Soal harga menurut beberapa informasi dari platform jual beli online, untuk Suomy SR-GP edisi Bagnaia dilego Rp7,8 juta. Sedangkan untuk KYT SR-GP edisi Dovisoso dibanderol Rp8 jutaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya