Daftar Motor yang Bakal Setop Diproduksi Tahun Depan

Suzuki GSX-R750
Sumber :
  • Paultan

VIVA – Pada awal tahun depan, Jepang akan menerapkan peraturan baru terhadap kendaraan sepeda motor. Peraturan tersebut diatur oleh undang-undang terkait polusi di negara yang terkenal dengan bunga Sakura tersebut.

Krisis Populasi Jepang: Setengah Perempuan Muda Hilang di 40 persen Wilayah pada 2050

Adanya penerapan peraturan baru itu, para produsen motor di sana harus terpaksa memberhentikan lebih dari 20 model secara bersamaan. Bisa diartikan, dalam enam bulan dari sekarang model yang dipaksa berhenti menjadi periode terakhir dari produksinya.

Lantas, model apa saja? Dirangkum VIVA Otomotif dari Greatbiker, Selasa 28 Juni 2022, ada beberapa daftar model dari merek dagang ternama di sana yang terpaksa harus berhenti produksinya pada tahun depan. Berikut daftar model sepeda motornya.

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

1. Honda CB400 Super Four

Ilustrasi gambar motor Honda Super Four Terbaru

Photo :
  • Honda
5 Negara Paling Tidak Ramah Vegetarian di Asia, Ada Korea Selatan dan Jepang

Sepeda motor pertama yang harus terpaksa diberhentikan adalah Honda dengan model CB400 Super Four. Hal itu dikarenakan, model ini tidak memenuhi standar emisi baru di negara Jepang. Sebagai motor sport, kendaraan roda dua ini menjadi ikon penting bagi perusahaan.

Diketahui, perusahaan asal Jepang ini harus berhenti memproduksi paling banyak mencapai 10 model. Ada juga salah satu model lainnya dengan jenis yang sama, harus berhenti yakni Honda GoldWing. Bahkan sampai skuter kecil seperti Benly juga diberhentikan di negara yang memiliki upacara minum teh ini.

2. Suzuki GSX-R750
Menyusul Honda, produsen motor lainnya yakni Suzuki juga harus memberhentikan beberapa modelnya. Dengan berat hati, perusahaan  tersebut terpaksa harus memberhentikan 10 model dari lini produksinya.

Adapun beberapa model dari mereka seperti GSX-R750 yang menjadi andalan motor sport perusahaan, dan GSX-250R juga terpaksa harus diberhentikan pada awal tahun 2023 mendatang. Padahal, kedua model tersebut memiliki penjual yang baik di negara Jepang dan Cina.

3. Yamaha FJR 1300

Yamaha FJR1300

Photo :
  • visordown

Sepeda motor yang terkenal dengan pembalap Valentino Rossi, Yamaha juga terpaksa memberhentikan produksinya untuk mengurangi emisi gas buang di Jepang. Salah satu model yang akan diberhentikan adalah Yamaha FJR 1300.

Diketahui motor tersebut menggunakan mesin konfigurasi 4 tak DOHC yang berpendingin cair dengan kapasitas 1.297 cc. Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga sebesar 147 daya kuda dengan torsi mencapai 138 Newton meter. Namun sangat disayangkan, motor ini terpaksa diberhentikan di Jepang.

4. Kawasaki ZX-1400
Motor yang terakhir terpaksa diberhentikan lini produksinya adalah produk dari Kawasaki. Perusahaan yang terkenal dengan motor sport itu terpaksa harus memberhentikan model yakni Kawasaki ZX-1400. Hal itu untuk mendukung peraturan emisi gas buang di Jepang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya