Ini Tanggapan Kawasaki Indonesia Perihal Motor Listrik

Prototipe motor listrik milik Kawasaki
Sumber :
  • Carscoops

VIVA Otomotif – Saat ini di pemerintah Indonesia tengah mendorong penggunaan kendaraan listrik, termasuk motor untuk mobilitas masyarakat. Hal itu sesuai Peraturan Presiden No 55 Tahun 2019 terkait peralihan kendaraan.

Isu Partai Rival Gabung Dukung Prabowo, Sangap Surbakti Khawatir Bisa Jadi Duri dalam Daging

Adanya kebijakan tersebut, membuat sejumlah produsen sepeda motor mulai mengembangkan mesin listrik, termasuk Kawasaki. Perusahaan asal Jepang ini telah mengenalkan produk motor listrik, meski belum dijual secara resmi. 

Head Sales andPromotion PT Kawasaki Motor Indonesia, Michael C. Tanadhi mengatakan bahwa pihaknya baru saja merencanakan untuk mengembangkan motor listrik di Indonesia. Menurutnya, hal tersebut perlu adanya penelitian dan pengembangan terhadap kendaraan ramah lingkungan, termasuk pasar.

Geger Seorang Ulama Pesohor Kritik Nabi Muhammad

Booth Kawasaki di IMOS 2022

Photo :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

"Pasti kami ada rencana untuk motor listrik, karena dari pemerintah sudah menggemborkan masalah listrik, yang pasti kami juga akan masuk," ujar Michael di Dealer Resmi Kawasaki Jakarta Pusat, dikutip VIVA Selasa 8 Oktober 2022.

Krisis Populasi Jepang: Setengah Perempuan Muda Hilang di 40 persen Wilayah pada 2050

Meski begitu, pihaknya belum memberikan informasi untuk kapan memasarkan motor listrik di Tanah Air. Diketahui, mereka baru meluncurkan EV Prototype secara global, yang menjadi bagian dari rencana pabrikan. 

Secara tampilan, EV Prototype ini mirip dengan Kawasaki Z400. Hal itu terletak pada bagian bodi, tail, cluster lampu depan, dan pengaturan suspensi depan yang memiliki kemiripian. Sesuai tampilannya, motor ini bergaya sport yang merupakan ciri khas perusahaan.

Ketika ditanya apakah produk ini yang bakal hadir di Indonesia. Michael mengaku, masih menunggu dan melihat perkembangan ke depan. Hal itu dikarenakan masih belum ada konfirmasi lebih lanjut terkait model tersebut.

"Kami masih lihat dulu bagaimana, di Intermot pun Kawasaki Indonesia belum dapat official info soal spesifikasi dan segalanya, jadi belum bisa komentar apakah itu nantinya yang akan masuk di Indonesia atau enggak,” pungkasnya.

Sebagai tambahan informasi, mereka telah memiliki rencana terkait hal ini dengan menawarkan lebih dari 10 model motor listrik hingga tahun 2025 mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya