Mau Punya SIM C1 Buat Moge, Ini Syaratnya

Surat Izin Mengemudi atau SIM C
Surat Izin Mengemudi atau SIM C
Sumber :

VIVA Otomotif – Kepala Bagian Penerangan Umum Mabes Polri, Komisaris Besar Polisi Nurul Azizah mengatakan bahwa Korlantas Polri masih terus melakukan kajian terhadap kebijakan pembentukan SIM C menjadi 3 golongan.

Nurul mengatakan bahwa SIM C akan terdiri dari tiga golongan, yaitu SIM C untuk sepeda motor maksimal 250cc, SIM C1 untuk mesin motor 250cc sampai dengan 500cc, dan SIM C2 untuk mesin motor di atas 500cc.

"Bagi masyarakat yang ingin memiliki SIM C1, harus memiliki SIM C terlebih dahulu maksimal 1 tahun," ujar Nurul dalam keterangannya, dikutip Minggu 15 Januari 2023.

Dia menambahkan, bahwa saat ini terdapat 132 unit kendaraan roda dua yang akan digunakan sebagai kendaraan untuk ujian SIM C1.

"Terdapat 132 unit kendaraan roda dua yang akan digunakan sebagai kendaraan untuk ujian SIM C1, yang akan ditempatkan di Satuan Penyelenggara Administrasi SIM atau Satpas-satpas prioritas, di antaranya Polres Cirebon Kota sebagai salah satu Satpas prototype," tuturnya. 

Sebagai informasi, dengan semakin banyaknya pemilik moge di Indonesia, hal itu membuat Polri merasa perlu untuk menerapkan Surat Izin Mengemudi atau SIM C khusus, sesuai dengan kompetensi pengendara saat melaju dengan kuda besinya.

Halaman Selanjutnya
img_title