Ini Spesifikasi 'Kuda Besi' Tim Suzuki di MotoGP 2015

Aleix Espargaro dan Maverick Vinales
Aleix Espargaro dan Maverick Vinales
Sumber :
  • Suzuki

VIVA.co.id - Suzuki Motor Corporation telah mengumumkan nama tim MotoGP dengan nama tim Suzuki Ecstar. Tim ini akan dimotori dua pembalap tangguh asal Spanyol, Aleix Espargaro dan Maverick Vinales.

Nama Espargaro tentu sudah tak asing lagi bagi pecinta MotoGP. Musim lalu, pembalap 25 tahun ini berhasil finis di peringkat 7 klasemen akhir pembalap. Sedangkan Vinales, 20 tahun, sebelumnya berlaga di Moto2.

Kembalinya Suzuki di balapan MotoGP mendapat sambutan antusias. Suzuki diharapkan dapat kembali meramaikan persaingan MotoGP yang selama ini didominasi tim asal Honda dan Yamaha.

Pada comebacknya di MotoGP ini, Suzuki menggandeng kerabatnya Ecstar, merek dagang oli Suzuki yang telah dipasarkan sejak 1984. Kolaborasi ini diharapkan ikut mendongkra popularitas Ecstar.

Lalu apa yang bakal jadi tumpuan Suzuki di balapan MotoGP musim ini?

Pada MotoGP 2015 yang akan segera bergulir, tim Suzuki Ecstar akan menggunakan motor GSX-RR. Motor 1000 cc ini dikeluarkan pada akhir September 2014 silam sebagai penerus dari GSV-R.

Motor sangar ini punya panjang 2.096 mm, lebar 720 mm dan tinggi 1.140 mm. Sedangkan untuk wheelbase atau jarak sumbu roda depan dan belakang, 1.457 mm.

Untuk dapur pacu, motor ini mengandalkan tipe mesin Water-cooled, four-stroke in-line four-cylinder, DOHC four-valve. Dengan mesin ini, GSX-RR dapat memuntahkan tenaga sebesar 169 kw dengan enam percepatan. Untuk top speed, GSX-RR mencapai 330 km/jam.

Motor ini menggunakan twin-spar alumunium. Sedangkan untuk ban depan dan belakang menggunakan ukuran 16.5 inchi. Untuk suspensi, GSX-RR menggunakan Ohlins, sedangkan untuk rem menggunakan carbon disk/steel disk, Brembo.

Nah, dengan kuda besi ini, Suzuki berharap dapat menjadi pesaing serius tim-tim mapan dari Honda dan Yamaha. (ren)

Baca juga:

10 Mobil Anyar yang Bakal Diburu Para Kolektor (I)

10 Mobil Anyar yang Bakal Diburu Kolektor (II)