Wajib Tahu, Empat Kelemahan Motor Skuter Matik

Teknisi sedang memperbaiki motor Honda
Sumber :
  • Dokumentasi AHM
VIVA.co.id
Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya
- Dewasa ini, skuter matik merupakan sepeda motor yang kerap digandrungi masyarakat di Tanah Air. Alasannya, tentu karena penggunaannya yang mudah, tinggal puntir gas dan rem.

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Namun demikian bukan berarti motor jenis matik sempurna, karena juga memiliki sejumlah kelemahan. Hal ini karena bentuknya dan cara kerja sebuah skutik. Meski sudah diuji kelayakan sebelum dipasarkan, namun tetap saja semua komponen pasti punya masa pemakaian.
V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi


Makin sering motor dipakai, makin pendek umurnya. Apalagi jika malas atau lupa melakukan perawatan, dijamin skutik bakalan langsung ngambek. Setidaknya, ada empat komponen pada skutik yang rawan alias rentan mengalami masalah musiman. Apa saja? Berikut seperti dilansir
WeloveHonda
, Senin 28 Desember 2015.


Pertama
, adalah
drive belt
. Onderdil ini salah satu ”kelemahan” skutik. Karena tugasnya menghubungkan mesin dengan penggerak roda, sabuk khusus ini harus selalu dicek dengan jarak kilometer tertentu. Jika putus, tentu sangat merepotkan pemiliknya.


Kedua
, ban. Karena diameter lebih kecil dibandingkan motor bebek atau sport, ban akan berputar lebih banyak dan aus alias kebotakan akan lebih cepat.


Ketiga
, rem. Banyak
biker
skutik biasanya lebih sering menggunakan rem. Tak sedikit pula
biker
yang sering tarik ruas rem meski skutik tengah berjalan. Kebiasaan-kebiasaan inilah yang membuat kampas rem jadi cepat habis.


Keempat
, kopling. Prinsip kerja skutik pada dasarnya mirip dengan jenis motor lain. Tapi karakteristik kopling di skutik berbeda dengan banyaknya bagian yang berputar. Mulai mangkuk kopling, roller, per, dan sebagainya. Jika Anda tak rajin melakukan perawatan secara berkala, tentu saja masalah besar termasuk dana yang besar akan menanti Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya