Motor 'Alien' Yamaha Menang Telak dari PCX

PCX vs NMAX
Sumber :
VIVA.co.id
RI Jadi Basis Produksi Honda CBR250RR, Kok Bisa?
- Rivalitas Honda dan Yamaha di pasar otomotif tanah air sepertinya sulit dihindarkan. Hegemoni Honda saat ini mulai terganggu dengan sepak terjang Yamaha.

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Rivalitas keduanya juga terlihat dari produk-produk yang mereka luncurkan. Salah satunya tentu persaingan motor matik bertubuh bongsor dengan kapasitas 150cc.
V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi


Untuk motor dengan gaya 'alien', Yamaha punya NMAX sedangkan Honda punya PCX. Nah, untuk berebut pasar motor 'alien' di tanah air, siapakah yang jadi pemenangnya?


PCX memang lebih dulu mengaspal di Indonesia. Namun Yamaha punya jurus jitu dengan menghadirkan NMAX yang jauh lebih murah karena produksi dalam negeri. PCX sendiri masih menyandang status impor dari Vietnam.


Menurut data penjualan Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI), penjualan NMAX dan PCX memang sangat kontras.


Sepanjang 2015 lalu, Yamaha berhasil melego NMAX untuk pasar domestik sebanyak 89.286 unit. Bandingkan dengan penjualan PCX yang hanya menyentuh angka 3.852 unit. Bahkan di bulan Desember, PCX hanya laku terjual 7 unit atau terendah sepanjang 2015.


Memang tak dipungkiri selisih harga yang sangat timpang tentu mempengaruhi tak seimbangnya penjualan PCX dan NMAX. Honda tentu harus memutar otak untuk dapat menghadirkan PCX dengan harga yang lebih terjangkau.


Sebagai catatan, untuk PCX tahun 2016, saat ini dibanderol dengan harga Rp39.250.000. Sedangkan untuk NMAX 2016 dengan ABS dijual dengan harga Rp27.400.000. Dengan kata lain selisihnya hampir Rp12 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya