Ban Belakang Motor Matik Goyang, Jangan Anggap Enteng

Berkendara sepeda motor
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andika Wahyu

VIVA.co.id - Permasalahan seperti ban belakang pada motor goyang sering kali kita temui, terlebih pada motor matik.

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Hal tersebut jangan pernah dianggap permasalahan gampang, karena ban merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan bermotor karena berkaitan langsung dengan gerak laju kendaraan. 

Akibat kurangnya perhatian terhadap komponen ini beberapa kasus sering kali terjadi, seperti pecah ban dan terjatuh saat jalan dalam keadaan licin.
V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi
 
Teknisi Superban, Ali mengatakan, pemilik kendaraan harus secara rutin mengecek kondisi engine mounting atau penghubung antara mesin dan roda motor matik yang dimiliki.
Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya
 
"Engine mounting berfungsi sebagai penyambung, bantalan dan peredam getaran mesin agar getaran yang terjadi tidak terlalu besar. Meskipun jarang melewati jalanan rusak engine mounting tetap akan rusak apabila motor sudah diatas umur lima tahun," ungkapnya kepada Viva.co.id, Minggu 31 Januari 2016.
 
Engine mounting biasanya tidak lagi bekerja dengan sempurna dan bearing juga sudah kendur sehingga ban belakang motor akan terasa goyang. Hal ini ditegaskannya tidak bisa dianggap remeh. 
 
"Engine mounting yang sudah 'aus'atau bearingnya sudah kendur pada saat jalan motor terasa goyang. Telebih saat melewati jalan menikung. Komponen yang yang perlu diganti itu berupa karet engine mounting, sehingga apabila mengalami ban goyang lebih baik cek kondisi engine mountingnya," tambahnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya