Fungsi Pelindung Knalpot Motor

Knalpot motor yang dilengkapi dengan pelindung.
Sumber :
  • Motoroids

VIVA.co.id – Meski kerap mengendarai motor, terkadang pemilik tidak mengetahui kegunaan komponen-komponen yang ada pada kendaraan tersebut. Salah satu yang jarang diketahui oleh pemilik motor yaitu fungsi pelindung knalpot.

Ini Penyebab Knalpot Berkarat dan Cara Menghilangkannya

Umumnya, motor dibekali dengan pelindung knalpot untuk mempercantik tampilan. Tapi ternyata, komponen itu juga memiliki beberapa fungsi lain.

Service Departement PT Yamaha Indonesia Motor Manufakturing, Ridwan Arifin mengatakan, selain bisa membuat motor lebih eye catching saat dikendarai, pelindung knalpot juga melindungi pengendara dan penumpang dari panas knalpot.

Bukan Cuma Mobil Esemka yang Pakai Nama Garuda

"Apalagi yang kerap berboncengan dan membawa anak," kata Ridwan saat berkunjung ke kantor VIVA.co.id.

Selain itu, pelindung knalpot juga mempunyai fungsi untuk membantu pelepasan hawa panas, sehingga suhu mesin tetap terjaga optimal.

Enggak Cuma Bebas Denda, Bayar Pajak Kendaran Juga Bisa Dapat Mobil

Terakhir, lanjut dia, fungsi pelindung knalpot yakni mencegah knalpot rusak saat motor jatuh.

"Saat jatuh, yang kena lebih dulu kan pelindung. Bahan pelindung saat ini sudah banyak yang bagus dan kuat, jadi tidak perlu khawatir," jelasnya. (ase)

Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022