Peminat Motor Sport Menurun, Pindah ke Mana?

Yamaha R15 dan R25.
Sumber :
  • Jeffry Yanto/VIVA.co.id

VIVA – Penjualan sepeda motor jenis sport buatan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing atau YIMM, secara nasional pada 2017 mengalami penurunan bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Daftar Motor Honda yang Laku Keras di Jawa Barat

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia, selama periode Januari-Desember 2017, motor sport milik Yamaha Indonesia laku 169 ribuan unit. Angka itu lebih rendah 50 ribuan unit dari pencapaian di 2016, yang tercatat sebesar 225 ribuan unit.

Menanggapi hal itu, Deputy General Manager Marketing YIMM, Eddy Ang, mengatakan, masyarakat Indonesia saat ini lebih memilih motor matik premium.

Laku Ribuan Unit di Jawa Barat, Honda ADV 150 Inden Hampir Sebulan

"Banyak yang pindah ke matik premium. Kategori matik premium sekarang jadi motor impian sebagian pengguna motor sport," kata Eddy kepada VIVA di Jakarta.

Oleh sebab itu, Yamaha Indonesia menggenjot deretan penjualan skutik bongsornya di Tanah Air. Yang paling difokuskan adalah skutik gambot NMAX.

IIMS 2019, Gempita Jelang Hari Raya

Untuk tahun ini, perusahaannya mematok target penjualan NMAX sebesar 320 ribu unit per tahun.

"Untuk pasar domestik, penjualan NMAX itu sekitar 320 ribu unit per tahun. Kalau tahun lalu, sebanyak 285 ribu unit," ujarnya menambahkan.

Alasan Yamaha fokus pada penjualan NMAX semata-mata karena daya beli masyarakat.

"Sejauh ini, NMAX lebih besar peminatnya dan lebih terjangkau, jadi pasarnya lebih besar," kata dia. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya