Teknik Simpel Tapi Mujarab Ketahui Mobil Dempulan

Penjualan mobil bekas di MGK Kemayoran. Ilustrasi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Mali

VIVA – Salah satu hal yang didambakan para pemburu mobil bekas adalah mendapatkan barang mulus, dan bebas dari bekas tabrakan. Namun tentu agak sukar mengidentifikasi riwayat mobil berdasarkan cerita dari si penjual saja.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Sebab bisa jadi mobil itu sudah direparasi menjadi mulus dengan menggunakan dempul kemudian dicat ulang. Ini tentu merugikan konsumen, karena alih-alih ingin mendapat mobil bekas dengan kondisi baik, namun ternyata sekadar akal-akalan poles penjual belaka.

Untuk mencermatinya, sejumlah cara dilakukan calon konsumen agar bisa mendeteksi mobil yang sudah kena dempul. Menurut Technical Service Executive Coordinator Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosjadi, sebenarnya ada cara mudah yang bisa diterapkan, yakni melihat tekstur cat mobil.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Kalau mobil itu cat asli pabrik, kata dia, sedikit terlihat seperti kulit jeruk. Selain itu umumnya mobil yang kena dempul memiliki warna cat yang tak merata. "Secara visual mobil yang dicat ulang pengerjaan pengecatan tidak merata. Maka tekstur ketidakrataan itu mudah sekali dilihat," katanya kepada VIVA.

Cara umum dengan mengetukkan tangan di bagian bodi juga terbilang ampuh untuk diterapkan. Apabila suara cenderung berat dan tak nyaring, terindikasi sudah didempul. Sedangkan jika diketuk terdengar nyaring pertanda bebas dempulan.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Hal senada disampaikan Ahmad, pemilik showroom mobil bekas Anugerah Motor, Pangkalan Jati, Jakarta Timur. Cara mengetuk bodi mobil terbilang mujarab mengidentifikasi apakah mobil itu didempul atau tidak.

Meski demikian, dia mengakui, tidak semua orang bisa mengetahui itu. “Itu cara lawas, tetapi masih bisa diandalkan asal kuping masih bagus bedakan suara pelat ringan sama pelat tebal. Cara lain dilihat pakai mata, bayangan bodinya. Biasanya kalau yang pengerjaannya jelek kelihatan bayangan,” tuturnya kepada VIVA.

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022