Harus Tahu Penyebab Aki Mobil Bisa Meledak

Memilih Akumulator (Accu) Yang Baik
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA – Aki memiliki peran penting pada setiap kendaran bermotor, yang fungsinya adalah memberikan energi listrik untuk menjalankan seluruh perangkat elektronik mobil.

Ini Faktor Penyebab Aki Mobil Bisa Meledak

Namun seiring dengan waktu pemakaian, aki juga akan mengalami masalah. Mulai dari aki yang mudah soak, kehabisan air aki dan berbagai keluhan lainnya.

Tak dipungkiri bahwa masih banyak yang beranggapan, membiarkan air aki kosong terlalu lama akan membuat aki meledak saat mesin dihidupkan. Hal ini juga berpengaruh apabila pengguna tak rutin menghidupkan mesin mobil.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

"Tidak, aki kosong tidak bisa bikin aki meledak," kata Technical Advisor Quality Assurance Astra Otoparts, Sahrudin kepada VIVA, beberapa waktu lalu.

Dia mengatakan, ledakan yang bersumber dari aki itu bisa saja lantaran adanya konsleting di sekitar baterai. Bisa dibilang baterai dalam kondisi tidak bagus.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

"Kalau meledak kemungkinan karena ada konslet atau short di sekitar baterai di mana gas hydrogen yang keluar dari dalam aki menyambar percikan api yang akibat konslet tersebut," tuturnya.

Namun demikian, ia mengimbau untuk meminimalisir permasalahan pada kendaraan, pemilik harus rutin memeriksa kondisi aki. Agar menghindari masalah yang tidak diinginkan.

"Sebulan sekali cukup dicek rutin, kalau level airnya sudah di bawah garis lowe tambah air accu sampai garis upper level," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya