Kenali Penyebab Munculnya Embun di Lampu Mobil

Embun pada lampu mobil.
Sumber :
  • Daihatsu

VIVA – Salah satu masalah yang kerap dijumpai pemilik mobil saat musim hujan adalah munculnya embun pada bagian lampu. Masalah ini tentu membuat tampilan mobil kurang elok dipandang, termasuk terganggunya visibilitas akibat kurangnya cahaya yang dipancarkan dari lampu mobil.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Munculnya proses pengembunan pada kaca mobil terjadi akibat kondisi sil atau mika rumah lampu yang sudah tak bagus atau bercelah. Kondisi tersebut bisa menjadi celah bagi masuknya air atau udara ke dalam mika lampu.

Tak cuma membuat embun, dalam kondisi parah juga bisa membuat genangan air di dalam rumah lampu.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Soal penyebab, biasanya kasus ini terjadi karena kebiasaan buruk pemilik yang acap memarkirkan mobilnya di luar ruangan dan terkena sinar matahari langsung. Karena panas matahari bakal membuat sil kaku sehingga menimbulkan retak. Terbukanya sil juga bisa jadi disebabkan oleh usia mobil yang terlampau lama. Maka itu apabila menemukan lampu mobil yang berembun, sebaiknya segera dilakukan tindakan.

Sebab embun atau air di dalam mika lampu bisa saja menyebabkan korsleting, hingga merusak jaringan kelistrikan lampu atau jaringan kelistrikan lainnya yang terhubung di dalam mobil.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Untuk membersihkan embun dari rumah lampu sebenarnya cukup mudah. Seperti dilansir situs resmi Daihatsu, Senin 12 Februari 2018, nyalakan lampu seperti biasa dalam beberapa menit. Panas dari lampu akan membuat embun menghilang dengan sendirinya.

Tetapi cara ini juga tergantung pada pori-pori lampu utama. Bila embun sudah menjadi genangan air, maka tidak ada cara lain selain membuka mika lampu dan mengeluarkannya.

Periksa bagian belakang rumah lampu. Lihat bagian lubang udara apakah tersumbat atau tidak. Ketika tersumbat, maka bersihkan agar kotoran tidak menempel. Keluarkan embun dari mika lampu dengan melepasnya searah jarum jam.

Ketika mika sudah terlepas, nyalakan lampu mobil selama beberapa menit hingga embun hilang. Kemudian keringkan dan bersihkan, lalu pasang kembali mika lampu dengan rapat jangan sampai timbul celah sedikit pun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya