Sering Kena Macet, Biasakan Hal Ini agar Mobil Awet

Kemacetan di kawasan Kota Bogor, Jawa Barat
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Arif Firmansyah

VIVA – Macet merupakan hal biasa bagi warga yang tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta. Meski demikian, tidak sedikit yang masih menggunakan kendaraan pribadi untuk beraktivitas.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Selain perjalanan yang terganggu karena membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai tempat tujuan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pemilik mobil saat terjebak macet.

General Manager After Sales PT Toyota Astra Motor, Dadi Hendriyadi mengatakan, pemilik kendaraan harus selalu memperhatikan tuas gigi transmisi, agar mobil tidak cepat rusak.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

"Saat terjebak macet, untuk mobil matik maupun manual, baiknya pindah ke N (Netral) dan pakai rem tangan, untuk mencegah mobil berjalan sendiri," katanya kepada VIVA di Jakarta, Selasa 3 April 2018.

Khusus mobil dengan transmisi manual, Dadi menegaskan, pengendara harus menghindari menggunakan setengah kopling saat terjebak macet di tanjakan.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Hal itu semat-mata untuk menghindari overheat atau panas berlebihan pada mesin mobil.

"Hindari setengah kopling untuk mobil manual, sebagai upaya mencegah overheat kopling dan selip. Perhatikan temperatur mesin dan genting mesin jika ada indikasi temperatur di atas normal," ujarnya.

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022