Cara Mudah Bikin Mobil Putih Tak Cepat Kusam

Ilustrasi mobil berwarna putih.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA – Merawat mobil berwarna putih memang harus lebih ekstra dilakukan ketimbang yang lainnya. Jika kendaraan luput dari perhatian, bukan tidak mungkin jika warnanya mudah kusam dan akan menjadi kekuning-kuningan. 

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Salah satu pedagang mobil bekasi di ITC Permata Hijau, Jakarta Selatan, Dewa, mengatakan perawatan mobil putih tak jauh berbeda dengan yang lainnya. Akan tetapi tak dipungkiri, warna itu memang lebih cepat kotor. 

"Jangan dibiarkan terlalu lama kotor, warna putih akan cepat kusam karena itu warna dasar, kecuali pernis yang digunakan pabrikan bagus seperti mobil kelas premium," kata dia kepada VIVA, Rabu 18 April 2018. 

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Menurut dia, perubahan warna cepat terjadi bukan dari kotoran saja, namun faktor lainnya adalah cuaca. Terlebih, bila kendaraan dibiarkan mengering saat hujan maka bisa menimbulkan jamur atau kerak. 

Akan tetapi hal itu itu bisa dicegah, jika bodi mobil telah dilapisi dengan clear coating yang fungsinya untuk melindungi dari korosi atau karat. 

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

"Warna putih memang bisa berubah, tapi untuk berubah jadi kekuningan butuh waktu lama (dalam kondisi yang tidak terawat). Karena beberapa mobil juga sudah ada yang dilapisi pernis bagus dari pabrikan," ujarnya.

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022