Cat Warna Doff Memang Keren, Ada Tapinya

All New Honda Vario 150
Sumber :
  • Dok: AHM

VIVA – Warna doff belakangan ini menjadi tren di dunia otomotif. Tak hanya mobil, pabrikan motor pun juga mulai melahirkan produk-produk dengan warna demikian.

Jurus Agar Cat Motor Tidak Mudah Pudar

Pemakaian warna tersebut menjadi pilihan, karena dinilai mampu membuat tampilan motor dan mobil lebih gagah, sangar, eksklusif, dan keren. 

Meski memiliki kelebihan, warna tersebut juga memiliki kekurangan yang harus diperhatikan pemilik kendaraan. Hal ini diungkapkan Pengamat otomotif dari Institut Teknologi Bandung, Yannes Martinus.

Cara Mudah Merawat Bodi Motor Warna Doff yang Benar

"Awalnya, militer menggunakan warna-warna alam seperti hijau dan khaki doff yang dekat dengan warna lingkungan sekitarnya, serta tidak memantulkan cahaya," kata Yannes saat dihubungi VIVA, Jumat 18 Mei 2018.

Toyota C-HR dengan kelir doff.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Ia menjelaskan, warna doff memiliki kelebihan saat hendak mengganti warna lain yang diinginkan. Hal ini tidak terlepas dari kemudahannya saat hendak melakukan pengecatan.

"Secara perawatan, cat ini memiliki kelebihan dalam kemudahannya untuk dilepas-pasang. Bahkan, dapat kita lakukan sendiri pengecatannya. Dari sisi desain, cat ini memberikan kesan canggih dan maskulin. Citra yang tidak dapat diberikan oleh cat mobil glossy," ujarnya

Meski demikian, Yannes mengakui ada kelemahan saat kendaraan mengadopsi warna doff. "kelemahan cat ini terletak pada daya tahannya yang relatif pendek, sekitar dua tahunan," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya