Ketahui Penyebab Ban Mobil Pecah di Jalan Raya

Ilustrasi ban mobil pecah.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Ban pecah bisa terjadi di mana dan kapan saja. Tetapi yang pasti ban pecah bisa meningkatkan risiko petaka di jalan raya. Bahkan tak sedikit yang jadi korban kecelakaan karena kasus ban pecah.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Lantas apa sebenarnya penyebab ban pecah? Trainer Product Knowledge PT Nissan Motor Indonesia, Sugihendi mengatakan, ban pecah bisa jadi sebuah musibah besar. Karena mobil bisa jadi lepas kendali dan bergerak liar.

Namun dia menegaskan, ban pecah biasanya terjadi karena tekanan angin yang salah. Hal itu di luar dari kasus kondisi sudah tipisnya ban.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

“Ban pecah itu penyebab utamanya dari tekanan angin yang berlebih, dan saat putaran ban kencang salah satu benang pada ban putus, sehingga angin keluar dari sela-sela benang,” ujarnya kepada VIVA.

Sebelum benang pada ban putus, biasanya ban akan mengalami benjol. Benjolan inilah yang jadi salah satu pemicu ban pecah akibat gesekan panas dengan aspal jalanan.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Diler Technical Support PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi menambahkan, banyak faktor yang bisa membuat ban mobil jadi pecah. Kata dia, benturan ban sangat kuat dan bertumpu pada satu bagian juga bisa membuat ban pecah.

“Kedua tekanan ban terlalu besar atau terlalu kempis, tidak sesuai dengan beban kendaraan (saat mobil melaju), kecepatan kendaraan tidak sesuai spesifikasi ban, ban tipis, itu lah faktor-faktor penyebabnya,” tuturnya.

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022