Alasan Dibalik Ban Mobil Benjol-benjol

Benjolan pada ban
Sumber :

VIVA – Sebelum melakukan perjalanan mudik banyak hal yang harus dipersiapkan, terlebih jika menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil. Jika perjalanan yang ditempuh cukup jauh, maka selain pemeriksaan mesin, sektor kaki-kaki juga jadi perhatian utama, seperti halnya ban.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Sebab jika salah satu ban mengalami masalah, kemungkinan kecelakaan akan terjadi. Oleh sebab itu, lihat dahulu permukaan ban apakah masih tebal atau sudah tipis.

Senior Instructur IRSA (Indonesian Road Safety Agent), Poedyo Santosa mengatakan, beban mobil yang berlebih bisa jadi salah satu faktor penyebab ban mobil pecah. Kata dia, ban akan pecah karena tidak kuat menahan tekanan.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

“Setiap ban memiliki kode yang harus dimengerti oleh pemilik (agar tidak seenaknya bawa beban berlebih) salah satunya yang disebut load index memberikan informasi berapa maksimal beban yang bisa dipikul oleh satu ban,” ujar Poedyo kepada VIVA, Minggu, 27 Mei 2018.

Dia mencontohkan ban dengan kode load index 88 (beban) max 560. Artinya ban tersebut punya kemampuan maksimal 560 kilogram pada setiap satu ban. Maka jika dikali empat ban, maka mobil itu bisa beban hingga 2.240 kilogram atau 2 ton lebih 240 kilogram.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

“Beban berlebih akan membuat bagian samping (sidewall) menjadi menggelembung, lama kelamaan timbul benjolan, ada yang menyebut ban bunting, atau mata ikan. Intinya serat baja pada sisi ban yang menggelembung sudah kritis dan akan cepat putus, ban akan meledak jika tidak kuat menahan angin,” tuturnya.

Ledakan pada ban sendiri bukan berasal dari samping, tapi dari tapak ban atau tengahnya.

“Tekanan angin rendah saat berjalan serat baja menjadi lentur menahan guncangan, antara beban yang dipikul, dan jalan tidak rata. Hal ini menyebabkan serat baja menjadi fatique atau kelelahan, sampai pada titik putus. Jika putus maka ban akan bunting lalu meledak karena tidak kuat menahan tekanan udara dari dalam,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya