5 Trik Usir Kantuk saat Nyetir Mudik, Ampuh Ternyata

Ilustrasi mengemudi.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Perjalanan mudik dengan kendaraan pribadi tentu membutuhkan stamina yang bagus. Jangan sampai karena stamina yang buruk justru menambah risiko petaka di jalan raya.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Salah satu faktor besar yang bisa menyebabkan kecelakaan biasanya adalah rasa kantuk yang menyergap pengendara. Hal ini bisa datang tiba-tiba. Selain membahayakan untuk diri sendiri, juga membahayakan untuk pengendara lain di sekitarnya. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mewaspadainya.

Cara terbaik untuk menghindarinya adalah tak meneruskan perjalanan dan istirahatlah atau tidur sampai hilang rasa kantuknya, karena itu obat yang paling ampuh.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Selain itu, ada pula beberapa tips lain yang bisa diterapkan jika rasa kantuk mulai menyergap dan tak memungkinkan Anda untuk berhenti beristirahat. Berikut seperti dilansir situs resmi Daihatsu:

Pertama, coba dengarkan musik dengan tempo cepat dan berirama riang. Jangan dengarkan musik yang mendayu-dayu, karena musik itu malah akan membuat Anda semakin mengantuk. Kedua, mintalah ditemani saat mengemudi.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Ajaklah seorang teman atau anggota keluarga yang bisa menemani Anda sepanjang perjalanan. Dengan begitu, Anda bisa mengobrol jika mulai mengantuk. Akan lebih baik lagi jika orang yang menemani Anda bersedia untuk bergantian mengemudi.

Ketiga, minum kopi. Jika mata dan tubuh sudah benar-benar lelah, Anda butuh kafein untuk membantu menjaga kesadaran. Salah satu sumber kafein terbesar adalah kopi. Minumlah kopi secukupnya ketika rasa kantuk muncul.

Keempat, sesekali membuka kaca jendela. Ini penting untuk menyegarkan udara di dalam kabin mobil. Karena udara yang masuk akan membuat Anda segar atau bersemangat lagi, dan rasa kantuk pun hilang.

Kelima, menepi dan berhentilah sejenak untuk melakukan peregangan. Peregangan akan membangkitkan rasa segar dan akan membuat kantuk hilang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya