Mudik Terjebak Macet, Cara Mudah Cegah Overheat pada Mobil

Mesin overheat. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • ottodasbor.com

VIVA – Kemacetan panjang selalu menjadi bumbu penyedap saat tradisi mudik lebaran tiba. Nah, bagi Anda yang akan pulang kampung tentu harus mempersiapkan segalanya dengan matang, termasuk dengan kendaraan pribadi yang akan digunakan untuk mudik.

Tips Mencegah Ponsel Overheating Saat Mengemudi

Pasalnya, kendala atau masalah terkadang muncul di saat yang terduga. Salah satunya mobil yang mengalami overheat karena menempuh rute panjang dan terjebak kemacetan. Lalu bagaimana tips untuk mengurangi kemungkinan mobil overheat?

Menurut General Manager After Sales Toyota Astra Motor Dadi Hendriyadi, pemilik kendaraan harus selalu memperhatikan tuas gigi agar mobil tidak cepat rusak.

Bahan Bakar dan Oli Bisa Bikin Mesin Mobil Overheat

"Saat terjebak macet, untuk mobil matic dan manual, baiknya shift ke N dan pakai rem tangan untuk mencegah mobil berjalan sendiri," katanya kepada VIVA.

Selain itu, Dadi menegaskan, pengendara mobil manual harus menghindari menggunakan setengah kopling untuk menghindari overheat pada mesin mobil.

Ini yang Terjadi jika Air Radiator Motor Habis

"Hindari setengah kopling untuk mobil manual sebagai upaya mencegah overheat kopling dan selip. Perhatikan temperatur mesin dan genting mesin jika ada indikasi temperatur di atas normal," ujarnya.

Ilustrasi mobil polisi.

Terpopuler: Narkoba Berhamburan dari Mobil Polisi, Bahaya Nyetir Pakai Jeans Ketat

Berita yang membahas mengenai narkoba berhamburan dari mobil polisi dan bahaya nyetir pakai jeans ketat, banyak dibaca sehingga menjadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif.

img_title
VIVA.co.id
12 Februari 2024