Ini yang Harus Dilakukan Jika Ban Pecah Saat Mudik

Ilustrasi ban mobil pecah.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Tekanan angin pada ban memegang peranan penting pada sebuah kendaraan. Terlebih, kendaraan yang akan digunakan untuk melakukan perjalanan jarak jauh, seperti mudik.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Banyak kerugian yang akan dialami pengemudi, jika tekanan angin pada ban mobil tidak sesuai ketentuan atau arahan. Kejadian terparah yang bisa dialami yakni pecah ban.

Lalu, apa yang harus dilakukan pengemudi saat mengalami hal ini?

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Menanggapi hal itu, General Manager After Sales Toyota Astra Motor, Dadi Hendriyadi mengimbau pengemudi untuk tetap tenang dan perlahan mulai menepikan kendaraannya.

"Untuk ban pecah, hal pertama yang harus dilakukan ialah mencoba cari tempat aman, lalu jangan lupa menggunakan hazard saat mengganti ban," katanya kepada VIVA baru-baru ini.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Untuk panduan mengganti ban mobil, Dadi memberikan saran kepada pengemudi agar melihat buku panduan yang telah diberikan dari pabrikan otomotif masing-masing merek.

"Step yang benar untuk mengganti ban ada di dalam buku pedoman pemilik (Owner's Manual), karena cara tiap mobil berbeda-beda. Jadi lebih baik dibawa atau dibaca dahulu sebelum melakukan perjalanan," ujarnya.

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022