Pasang Busi Racing di Mobil Harian, Siap-siap Rugi

Gosok busi dengan sikat kawat.
Sumber :
  • Wenproduct

VIVA –  Banyak cara dilakukan pemilik mobil untuk meningkatkan performa kendaraannya. Mulai dari mengganti saringan udara hingga memasang busi racing.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Karena memiliki percikan api yang lebih besar, penggunaan busi racing dianggap dapat meningkatkan performa mesin, jika dipasang pada mobil yang biasa digunakan harian. Padahal, anggapan itu salah besar.

Technical Support PT NGK Busi Indonesia, Diko Oktaviano mengatakan, busi racing atau busi balap dirancang untuk mesin yang bekerja pada putaran tinggi untuk waktu lama.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

“Menggunakan busi khusus balap untuk mobil harian bukanlah ide yang baik. Karena, karakteristik busi balap didesain untuk penggunaan yang ekstrem,” ujarnya di Jakarta, Jumat 14 September 2018.

Jika tetap dipaksakan menggunakan busi racing untuk mobil harian, efeknya akan merusak mesin. Diko mengatakan, efek sampingnya yakni munculnya deposit karbon yang berlebih pada ruang bakar dan misfiring atau kegagalan pengapian.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

“Penggunaan busi balap akan memperburuk kondisi mesin, jika kendaraan sering beroperasi dalam jarak dekat, terlebih dengan ritme perjalanan stop and go (kondisi jalan macet),” tuturnya.

Seri ketiga Indonesia Sentul Series Of Motorsport (ISSOM) 2014

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022