Bersihkan Jok Kulit Pakai Air, Begini Jadinya

Ilustrasi interior jok kulit.
Sumber :
  • Foto: Dok Mercedes-Benz

VIVA – Beberapa mobil keluaran terbaru sudah tidak lagi memakai kain sebagai pelapis joknya. Material yang biasa disebut dengan istilah fabric itu digantikan dengan bahan kulit.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Selain terlihat lebih mewah, pelapis jok berbahan kulit juga lebih nyaman diduduki dan tidak terasa panas. Tak heran bila kemudian ada yang mengganti bahan fabric dengan material tersebut.

Namun, perawatan kedua bahan pelapis itu sangat berbeda. Pemilik mobil tidak bisa menerapkan cara membersihkan jok fabric pada material kulit.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Dilansir dari laman resmi Suzuki, Jumat 14 September 2018, pemilihan cairan pembersih adalah hal utama yang harus diperhatikan dalam perawatan jok kulit.

Untuk membuat jok kulit kembali cemerlang, yang dibutuhkan adalah pembersih berbentuk pasta. Alasannya, penggunaan pembersih berbahan air bisa menyebabkan kulit menjadi lebih cepat rusak, dan risiko timbulnya jamur juga cukup besar.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Selain berbentuk pasta, pilihlah pembersih yang mengandung pelembab, agar jok kulit terlindung dari risiko pecah-pecah. Kerusakan tersebut biasanya terjadi apabila mobil sering dijemur di tempat yang terkena terik matahari.

Ketika mengaplikasikan cairan pembersih, hindari penggunaan kain kasar, karena bisa mengikis bahan kulit. Supaya hasilnya lebih maksimal, tambahkan lapisan leather coating. (ren)

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022