Sudah Tahu Apa Saja Pantangan Mobil Warna Putih?

Mencuci mobil.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ifan Gusti

VIVA – Memiliki mobil warna putih, memang perlu perawatan ekstra. Sebab, jika terkena debu atau kotoran sedikit saja warna bodi sudah terlihat berubah, terlebih kotoran tersebut tidak langsung dibersihkan, otomatis akan cepat kusam.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Sebenarnya, ada lima cara khusus yang perlu diperhatikan, agar bodi mobil tetap kinclong, meski warnanya putih. Seperti dilansir dari situs resmi PT Suzuki Indomobil Sales, langkah yang pertama, adalah segera cuci, alias bilas jika mobil terkena guyuran hujan.

Ini penting, karena kandungan air hujan berbeda dengan air dari bawah tanah. Sebab itu, jangan biarkan air hujan atau lumpur menempel dan mengering pada permukan bodi, karena bisa menimbulkan bercak yang akan sulit dibersihkan.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Hal kedua, yang harus diperhatikan jangan mencuci mobil di bawah terik matahari. Sebenarnya, ini juga berlaku untuk semua warna. Sabun atau shampo yang dioleskan ketika proses pencucian cepat kering, yang akhirnya menimbulkan bercak dan merusak warna.

Yang ketiga, jangan sembarangan menggunakan sabun atau shampo dengan harga murah. Sebab, jika kualitasnya tidak baik, bisa menyebabkan timbulnya jamur pada permukaan cat dan sulit dihilangkan jika terlalu lama dibiarkan menumpuk.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Bukan hanya itu, pakai kain yang memiliki daya serap tinggi setelah proses pencucian selesai. Ini menjadi cara keempat, yang harus diperhatikan agar bodi tetap kinclong. Jika ada sisa air yang tidak terseka saat proses pengelapan, akan menimbulkan bercak.

Yang terakhir, kelima, adalah biasakan parkir mobil di dalam ruangan, karena jika terkena paparan sinar matahari langsung, warna putih itu cepat terkontaminasi. Atau, cara lainnya jika lahan parkir hanya ada outdoor, bisa bungkus mobil dengan cover yang berkualitas.

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022