Kenapa Pintu Mobil Susah Dibuka Jika Terendam Banjir

Mobil terendam lumpur banjir di Cicaheum, Kota Bandung, Jawa Barat
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Adi Suparman (Bandung)

VIVA – Beberapa kasus yang sering ditemui saat mobil terendam banjir adalah pengemudi mengalami kesulitan untuk keluar dari dalam mobil.

Sindir Heru Budi, Ketua DPRD: Siapapun Pj Gubernurnya Kalau Gak Radikal Ya Jakarta Tetap Banjir

Penyebabnya, untuk sekadar membuka pintu dari dalam cukup sulit. Lantas apa penyebab utamanya?

Diler Technical Support PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi mengatakan, setiap mobil memiliki katup untuk membuang udara dari dalam kabin. Katup tersebut terselip di belakang bumper di mana fungsinya adalah untuk mengurangi tekanan udara dari kabin.

China Dilanda Banjir Bandang, 4 Orang Tewas dan 10 Hilang

“Karena katupnya terendam air, jadi enggak ada udara dan membuatnya vakum. Makanya buka pintu mobil jadi rada susah dari dalam, ditambah tekanan air dari luar,” ujarnya kepada VIVA, Senin, 1 Oktober 2018.

Untuk mempermudah membuka pintu saat mobil terendam banjir, kata dia, ada tips yang bisa dilakukan. Yakni dengan membuka sedikit kaca agar udara dari kabin terbuang.

Setelah Dubai, Hujan Ekstrem Diprakirakan Akan Landa Arab Saudi

Hal senada disampaikan salah seorang mekanik diler Toyota yang enggan disebutkan namanya. Kata dia, pintu mobil susah terbuka karena mendapat tekanan air dari luar yang membuat dorongan. Air juga kemudian membuat lengket karet pintu serta engsel.

“Dalam mobil jadi sifatnya vakum, kalau katup di belakang bumper itu sudah terendam, jadi susah pintu dibuka dari dalam. Katup itu fungsinya hanya one way, jadi untuk mengeluarkan angin dari kabin,” sambungnya.

Warga korban banjir di Tasikmalaya mengungsi ke masjid dan kantor desa

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024