Punya Motor Karburator, Jangan Lupa Hal Ini

Karburator.
Sumber :

VIVA – Tak dipungkiri, saat ini sepeda motor yang dilepas di pasaran sudah banyak mengadopsi sistem injeksi atau bukan lagi karburator. Sebab dinilai lebih irit bahan bakar dan minim perawatan. 

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Namun demikian, tren motor retro yang terjadi sekarang ini membuat beberapa produsen kendaraan roda dua memilih untuk membenamkan sistem karburator. Sebut saja seperti Kawasaki W175, Viar Vintech 200 dn 250 serta Benelli Motobi 152. 

Karburator merupakan bagian penting untuk kendaraan bermotor. Hal ini karena karburator merupakan tempat bercampurnya bahan bakar dengan udara, untuk kemudian disalurkan ke dalam ruang pembakaran atau silinder mesin.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Atas dasar tersebut, kebersihan dan ketepatan penyetelan pada karburator sangat diperlukan, karena berpengaruh pada kinerja mesin.

Itu sebabnya, perawatan berkala pada karburator sangat diperlukan. Anda tak perlu ribet memikirkan perawatan komponen ini, karena perawatan karburator dapat dilakukan sendiri .

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Mekanik Aneka Mitra bengkel di Jakarta Barat, Acin mengatakan, saat hendak membersikan karburator, pemilik kendaraan pertama kami harus melepaskan filter udara dari karburator.

"Untuk membersihkan filter udara itu mudah, caranya tinggal menggunakan cairan pembersih, setelah itu diamkan filter hingga kering," ujar dia kepada VIVA di Jakarta, Rabu 10 Oktober 2018.

Setelah membersihkan filter, pemilik wajib melepaskan baut pengikat karburator dan dibersihkan dengan menggunakan kuas secara perlahan. Setelah itu semprot dengan udara bertekanan cukup tinggi.

"Lalu untuk membersihkan spuyer karburator, gunakan amplas halus secara hati-hati dan pelan-pelan saja," tuturnya. 

Ia menambahkan. "Sebelum memasang kembali karburator, perhatikan juga pelampung bensin, karena komponen itu harus terlebih dahulu diatur, paling sederhana itu diatur dengan menggunakan jangka. Setelah itu pasang kembali semua bagian karburator," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya