Tiga Masalah Kaca Jendela Mobil dan Solusinya

Power window pada mobil.
Sumber :
  • Toyota

VIVA – Pada mobil buatan tahun lawas, membuka kaca mobil membutuhkan tenaga tangan, karena harus memutar engkol di dinding pintu. Kini, hal itu bisa praktis dilakukan dengan cara menekan tombol, karena mobil sudah dilengkapi power window.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Perangkat elektrik itu sangat membantu dan sudah menjadi perangkat standar mobil, karena memudahkan pengemudi maupun penumpang. Pada beberapa model mobil, perangkat tersebut sudah lebih canggih, lantaran dilengkapi pembatas otomatis, sehingga anggota tubuh tidak terjepit saat kaca naik.

Dilansir dari laman Astraworld, Senin 22 Oktober 2018, power window juga harus mendapat perhatian oleh pemilik mobil. Jika komponen ini bermasalah, maka akan menyusahkan saat hendak membuka atau menutup kaca. 

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Power window yang bermasalah sebenarnya memiliki gejala yang bisa diketahui oleh pemilik mobil. Pertama, kaca tidak bergerak (naik maupun turun), walaupun sakelar sudah ditekan maksimal. Masalah bisa jadi ada di bagian sakelar tersebut.

Gejala kedua yang menunjukkan power window mulai bermasalah adalah terdengar bunyi kasar. Apabila bunyi berasal dari dalam pintu, kemungkinan penyebabnya adalah regulator power window di dalam pintu sudah mulai rusak.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Agar kerusakan tidak semakin parah, sebaiknya jangan mengoperasikan perangkat tersebut. Segera bawa kendaraan ke bengkel, untuk memastikan apakah ada komponen yang lepas, kendur, atau rusak gigi penggeraknya.

Terakhir, proses naik dan turun kaca yang tidak lancar serta terdapat lecet pada salah satu sisi kaca jendela. Hal ini bisa disebabkan jalur pada kaca dalam kondisi kering, miring atau bahkan kaca keluar dari jalurnya.

Jika baret terjadi di sisi luar atau dalam kaca, kemungkinan karena posisi kaca yang miring. Solusinya, lakukan penyetelan posisi kaca jendela di bengkel dan beri pelumas pada jalur kaca jendela, agar proses naik turun lebih lancar. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya