Bahan Dapur Ini Bisa Jadi Alternatif Buat Rantai Motor

Rantai motor.
Sumber :
  • www.welovehonda.com

VIVA – Agar senantiasa dalam kondisi prima, sepeda motor sudah semestinya diservis secara berkala. Namun, tak hanya pada mesin saja, rantai motor juga harus diperhatikan perawatannya.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Salah satu cara mudah merawat rantai sang 'kuda besi' adalah memberikannya pelumas. Sebagian, ada yang menggunakan cairan khusus yakni chain lube atau oli bekas agar lebih murah dan praktis.

Seperti yang dilansir dari laman resmi Suzuki, Senin 12 November 2018, menggunakan oli bekas untuk merawat rantai motor bisa berbahaya. Salah satunya membuat rantai kendur dan melar. 

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Disebutkan karena oli membuat rantai motor menjadi lebih cepat memuai. Kemudian, menimbulkan kerusakan pada komponen rantai seperti o-ring dan lainnya.

Lalu, pelumasan tidak akan maksimal lantaran tak sesuai dengan fungsinya. Oli bekas dijelaskan mengandung serbuk gram dan kotoran dari dalam mesin. Kotoran itu akan menempel pada rantai.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Bila dibandingkan oli bekas, menggunakan minyak goreng malah lebih baik jika dalam kondisi darurat. Namun minyak yang digunakan dipastikan adalah baru atau bukan yang sudah pernah dipakai.

Minyak goreng dinilai tidak menimbulkan reaksi negatif untuk rantai dan tidak menyebabkan pemuaian pada rantai dan cenderung mudah dibersihkan dibanding oli bekas.

Sayangnya, kemampuan minyak goreng dalam melumasi mudah habis. Sehingga, saat menggunakan minyak goreng sebagai pelumas rantai. Disarankan harus sering-sering mengecek kondisi rantai, apakah sudah kering atau belum.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya