Gampangnya Rawat Rem Cakram, Cukup Pakai Air

Cakram rem.
Sumber :
  • www.welovehonda.com

VIVA – Rem merupakan salah satu komponen vital pada kendaraan. Maka diperlukan perawatan ekstra agar pengoperasiannya berjalan maksimal.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Sebenarnya perawatan rem seperti pada piringan cakram sangatlah mudah. Ya, cukup dengan air. Diketahui piringan cakram kerap timbul suara berdecit bahkan alami kemacetan di area ini. 

Banyak penyebabnya, salah satunya adalah air hujan atau air kubangan yang mengendap dan membuat peranti tersebut terserang karat. Bersama air hujan dan kubangan, beragam kotoran ikut serta mengendap di peranti cakram.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Selain itu debu jalanan pun menjadi penyumbang kotornya peranti rem ini. Jika tidak segera dibersihkan, kotoran tadi membuat piringan cakram dan kampas rem menjadi tergores, parahnya, peranti ini macet. Demikian seperti dikutip situs resmi Honda, Kamis 6 Desember 2018.

Untuk menghindarinya, cukup menyiram atau menyemprotkan air bersih ke peranti cakram, utamanya area bersentuhannya kampas dan piringan, di bagian kaliper semprotkan dengan sedikit tekanan agar kotoran yang mengendap terangkat.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Lakukan hal tersebut terutama setelah motor digunakan dalam kondisi hujan atau melintasi kubangan air. (yns)

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022