Sembarangan Pakai Bahan Bakar, Garansi Mobil Bisa Hangus

Runner (kedua kanan) melakukan pengisian bahan bakar minyak (BBM) untuk layanan Go Pertamina pada aplikasi GO-LIFE di Jakarta, 27 Oktober 2018.
Sumber :
  • VIVA/Dhana Kencana

VIVA – Setiap membeli mobil baru pasti mendapatkan garansi dalam waktu tertentu. Tujuannya ketika salah satu komponen rusak, bisa diganti gratis. Asalkan, kerusakan bukan terjadi karena modifikasi, tapi murni saat pemakaian.

Harga Minyak Meroket, Pengamat: Jangka Pendek Pertalite Jangan Naik

Ternyata penyebab garansi gugur bukan sekadar modifikasi mesin, kaki-kaki atau mengubah tampilan, tapi gonta-ganti bahan bakar juga tidak diperbolehkan. Seperti dilansir dari website resminya PT Suzuki Indoomobil Sales, Minggu 13 Januari 2019.

Dalam penjelasannya, mesin mobil dirancang untuk bekerja ideal dengan menggunakan bahan bakar minyak (BBM) jenis tertentu. Jika mengalami kerusakan mesin akibat konsumsi BBM tidak sesuai anjuran pabrikan, maka garansi tidak berlaku lagi.

Paling Banyak Dikonsumsi, DEN Wanti-wanti Pasokan Pertalite Dijaga

Umumnya mobil keluaran terbaru wajib menggunakan BBM dengan (Research Octane Number) RON 92. Alasannya, mesin zaman sekarang diroduksi sesuai standar internasional, dan sesuai regulasi pemerintah terkait standar emisi yang ditentukan.

Keuntungan lain menggunakan BBM berkualitas dapat menjaga akselerasi serta performa mobil tetap baik, dan mesin lebih awet. Selain itu emisi gas buangnnya masih di bawah ambang batas, artinya tidak terlalu bahaya bagi lingkungan.

DPR Minta Pemerintah Tak Naikan Harga BBM Bersubsidi
BBM jenis Pertalite di SPBU Abdul Muis, Jakarta

Harga Minyak Naik, Pengamat: Momentum Gunakan BBM Kualitas Tinggi

Usai harga minyak dunia naik, pemafaatan BBM non subsidi menjadi momentum untuk tetap menjaga performance.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2022