Jangan Sampai Salah, Begini Cara Rawat Motor Berwarna Doff

Suzuki Nex II warna doff.
Sumber :
  • Suzuki.co.id

VIVA – Saat ini banyak pabrikan motor yang menciptakan warna doff untuk produk-produk terbarunya. Seakan-akan warna bodi yang tidak mengkilap itu jadi tren. Padahal cara perawatannya agak rumit ketimbang warna yang dilapisi pernis.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Dilansir dari situs resmi PT Suzuki Indomobil Sales, bodi motor dengan cat doff lebih mudah memudar dan kusam jika sering dijemur dan dicuci dengan cara yang kurang tepat. Alasannya karena cat tidak dilapisi pernis, maka dibutuhkan perawatan ekstra.

Untuk itu, yang perlu Anda lakukan untuk merawat motor doff adalah jangan menggunakan sabun yang mengandung banyak detergen untuk mencucinya. Karena sifat asam pada detergen cukup tinggi, otomatis membuat cat doff pudar lebih cepat.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Kemudian pilih sabun khusus kendaraan atau yang memiliki kandungan keasaman (Ph) netral. Nah, setelah bodi motor dicuci, jangan salah menggunakan bahan pemoles bodi. Jika cairan pengilapnya mengandung minyak, warnanya akan berubah.

Artinya Anda harus memilih cairan pemoles yang water based alias berbasis air dan hindari yang oil based. Jika sampai salah warna, doff akan berubah halus atau mengkilap, karena kandungan minyak tersebut.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa
Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022