Ini Perbedaan Sampo Mobil yang Mengandung Deterjen dan Tidak

Mencuci mobil.
Sumber :
  • Toyota

VIVA – ?Mencuci mobil jadi ritual wajib pemilik, agar tampilan kendaraan tetap bersih dan kinclong. Tidak ada aturan yang baku, kapan seharusnya mobil dibersihkan. Meski demikian, bukan berarti Anda bisa bermalas-malasan, terutama saat musim hujan.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Menurut Technical Support Meguiars Indonesia, Fadillah, air hujan yang mengguyur mobil dapat menimbulkan noda jamur pada kaca dan cat bodi. Sebab, kadar garamnya cukup tinggi.

“Rutin (mencuci mobil) satu kali sehari, karena air hujan sangat jahat, bisa menimbulkan jamur jika dibiarkan mengering. Yang harus diperhatikan saat mencuci mobil adalah penggunaan sampo,” ujarnya kepada VIVA, Rabu 6 Februari 2019.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Ia menjelaskan, sampo untuk mencuci mobil harus memiliki tingkat keasaman di angka tujuh. Sampo yang bagus dapat mencegah jamur, yang diakibatkan dari kurang berkualitasnya kandungan air tanah.

“Sampo yang bagus tidak mengandung deterjen. Sampo yang memiliki kandungan deterjen akan membuat perlindungan pada permukaan bodi atau kaca, jadi bukan membersihkan sifatnya,” jelasnya.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Sementara menurut Chief Executive Officer XTO Indonesia, Christopher Sebastian, pencucian mobil dilakukan sesuai dengan penggunaan dan kondisi jalan yang dilewati. Jika pemakaian normal, maka kendaraan bisa dicuci setiap dua hari. (yns)

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022