Mau Motor Awet dan Tetap Prima, Ikuti Langkah Ini

Wanita muda servis sendiri motor Vespa miliknya.
Sumber :
  • Instagram @vespaltm

VIVA – Sebagai pemilik sepeda motor, sangat penting untuk merawat kendaraan agar tetap awet. Membeli mungkin bisa dibilang mudah, tapi menjaga motor tetap dalam kondisi yang prima adalah sebuah hal yang terkadang sulit dilakukan.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Sebenarnya, untuk merawat roda dua bukanlah hal yang susah. Yang terpenting adalah rasa peduli, karena kelalaian dapat dengan mudah mengubah sepeda yang tadinya sehat jadi banyak masalahnya.

Berikut ini lima hal yang harus diperhatikan, agar sepeda motor Anda bisa tetap terjaga kondisinya. Seperti dilansir dari Greatbiker, Jumat 15 Februari 2019.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Ban

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika bicara soal ini. Salah satunya soal keausan. Luangkan waktu sekitar lima menit, untuk melihat apakah kembang pada ban masih tebal. Kemudian, periksa tekanan ketika ban dalam keadaan dingin, pastikan sesuai denan standar yang ada dalam buku petunjuk.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Oli

Di mana ada mesin, pasti ada gesekan, dan gesekan membutuhkan pelumasan untuk mencegah keausan. Jika oli lama tidak ganti, kemungkinan kerusakan pada mesin akan semakin besar. Standar pergantian oli ada dalam buku petunjuk.

Rantai dan gir

Secara umum, rantai dan gir adalah dua bagian terpenting bagi sepeda motor. Agar keduanya terus bergulir dalam kondisi prima, mereka membutuhkan pembersihan dan pelumas secara teratur.

Anda dapat membeli produk khusus untuk dua komponen ini di toko aksesori, atau dapat juga menggunakan minyak tanah sebagai pembersih. Jangan menggunakan gemuk yang terlalu keras, karena dapat mengganggu efektivitas rantai.

Kabel

Jika motor yang dimiliki menggunakan kopling manual, maka memperhatikan kabel kopling dan tuas gas sangat penting. Jenis pelumas pada kabel kopling tidak sama dengan oli pada rantai. Pelumas yang digunakan khusus, agar kinerjanya lebih responsif. (kwo)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya