Head Unit Mobil Tidak Mendukung Kamera Mundur, Ini Solusinya

Ilustrasi kamera mundur.
Sumber :
  • Satnavsystems

VIVA –Kamera mundur kini banyak dipakai sebagai fitur standar mobil-mobil baru. Alat ini biasanya diletakkan di pintu bagasi atau dekat tempat pelat nomor, dan disambung dengan kabel ke head unit mobil.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Namun, apa jadinya jika sistem hiburan yang terpasang belum memiliki dukungan untuk menampilkan gambar?

Pedagang dari bengkel Line Audio, Rokhimin mengatakan, hal itu bukan masalah. Sebab, pemilik mobil bisa memasang membeli spion tengah yang dilengkapi layar LCD.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

"Kalau head unit enggak pakai layar, nanti enggak nyambung buat kameranya. Paling ganti spion tengah pakai yang model layar," ujarnya kepada VIVA, Senin 25 Februari 2019.

Kaca spion tengah.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Rokhimin mengatakan, spion tengah produk aftermarket itu dilengkapi dengan layar kecil, agar bisa menampilkan gambar yang dihasilkan kamera. Namun, gambar yang ditampilkan tidak sebesar head unit.

"Saat parkir, layarnya otomatis nyala, tapi kecil. Soalnya, kan dia menyatu sama spion dalam. Kalau kameranya mati, ya jadi spion normal," tuturnya.

Untuk harga, Rokhimin menjelaskan, kamera parkir dipatok Rp100-500 ribu. Sementara, spion tengah dengan layar monitor mulai dari Rp500 ribu sampai Rp1,5 juta.

Jika ingin mengganti head unit yang bisa support dengan layar untuk kamera parkir, harganya mulai dari Rp1 jutaan untuk merek-merek asal China, serta mulai Rp2 jutaan untuk merek ternama seperti Kenwood dan Alpine.

"Nanti, tambah ongkos pasang Rp250 ribu sampai Rp500 ribu, tergantung jenis mobilnya," jelasnya. (kwo)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya