Pasang Kamera 360 di Mobil, Ini Kisaran Biayanya

Ilustrasi kamera parkir 360 derajat
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Meski sudah didesain sedemikian rupa, namun mobil tetap memiliki beberapa sudut yang sukar untuk dipantau pengemudinya saat parkir. Itu sebabnya, diciptakan fitur baru dengan dukungan kamera canggih.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Alat penangkap gambar itu dipasang di empat posisi, yakni bagian depan, di bawah spion kiri serta kanan, serta belakang. Dengan 'mata' tambahan tersebut, pengemudi bisa melihat seluruh sudut mobil secara 360 derajat.

Pedagang dari toko audio dan aksesori mobil Line Audio, Rokhimin mengatakan, kamera 360 derajat mulai banyak dicari pemilik mobil. Sebab, aksesori ini bukan hanya sekadar membuat tampilan mobil lebih canggih dan bergaya, tetapi juga memiliki fungsi meminimalisir titik buta pada mobil.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

"Orang banyak yang mulai pasang kamera 360 karena praktis. Hampir semua bagian mobil bisa terlihat dari layar di head unit,"ujarnya kepada VIVA, Senin 25 Februari 2019.

Ia menjelaskan, bagi yang mobilnya belum memiliki perangkat canggih tersebut, kini tersedia produk aftermarket. Layaknya bawaan pabrik, kamera dipasang di empat titik.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

"Selama mobil itu pakai spion yang hard cover, bisa dipasangi kamera 360. Sebab, dudukannya menempel di spion mobil. Kalau bagian depan dan belakang, bisa semua," tuturnya.

Untuk memasang kamera 360, head unit mobil harus sudah dilengkapi layar monitor. Pemasangan membutuhkan waktu kurang lebih satu hari. Sebab, mekanik harus melihat jalur kabel untuk empat kamera, selain menentukan posisi kamera yang pas dan menghubungkannya ke head unit.

"Harga perangkat kameranya Rp5 juta, biaya pasang Rp500 ribu. Kalau head unit belum pakai layar, harus ganti. Harganya mulai Rp2 jutaan yang bisa mendukung fitur ini," ungkapnya. (kwo)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya